Pancasila Penuntun Keberagaman

Sabtu, 1 Juni 2019 - 09:14 WIB

FAJAR.CO.ID,MAMUJU–Pancasila sebagai ideologi bangsa merupakan suatu keyakinan dan pendirian asasi yang harus terus diperjuangkan. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dirajut menjadi identitas Nasional dalam wadah dan Slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Penggalan itu disampaikan Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar, Harun Sulianto saat membacakan sambutan tertulis Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono dalam upacara hari kelahiran Pancasila, Sabtu (1/6).

“Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia,” kata Harun. sebagaimana diketahui bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan, makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia.

“Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah, kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional,” katanya. Ia juga menyampaikan peringatan hari Kelahiran Pancasila 1 Juni bukan hal yang terpisah dari momentum “Piagam Jakarta”oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni, dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

Hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut adalah para Kepala Divisi dan Kepala UPT se-Mamuju beserta Masing-masing staf di jajarannya. (nur)