Preview Tottenham vs Liverpool: Tanpa Taktik Kejutan

Sabtu, 1 Juni 2019 - 09:02 WIB
Foto: YouTube

FAJAR.CO.ID, MADRID—Liverpool dan Tottenham Hotspur akan berebut trofi Liga Champions di Wanda Metropolitano, dinihari nanti. Sudah saling mengenal, partai final ini akan menjadi perang mental kedua klub klub.

Sebagai klub Premier League, pertemuan kedua klub bukan lagi hal baru. Di tangan Juergen Klopp dan Mauricio Pochettino, kedua klub Inggris itu bahkan sudah bertemu sembilan kali termasuk dua duel musim ini.

Tanpa ada kejutan berarti dalam starting XI, Klopp dan Poch jelas sudah tahu taktik dan kartu AS lawan masing-masing. Karena itu, di samping pemain bintang yang sewaktu-waktu bisa muncul sebagai pahlawan, kesiapan mental dan motivasi akan menjadi penentu hasil pertandingan ini.

Liverpool yang lolos ke final untuk kali kedua secara beruntun tentu sangat paham bagaimana pentingnya kesiapan mental pemain di laga pamungkas ini. Musim lalu, mereka harus gagal membawa pulang trofi akibat dua kesalahan tak masuk akal kiper Loris Karius. Yang paling disorot adalah ketika ia “memberikan” bola ke Karim Benzema di depan kotak penalti.

Walau begitu, Liverpool yang hanya kehilangan Naby Keita jelas akan menjadi favorit di final kali ini. Selain sudah punya pengalaman juara lima kali, mereka juga dianggap punya skuat lebih mewah. Alasan lain, tentu saja karena mereka memenangi dua pertemuan terakhir kedua klub di Premier League.

Namun, fakta itu tak membuat Klopp mau meremehkan pasukan Poch. Bagi dia, statistik tersebut tidak akan berpengaruh pada finalini. “Mereka benar-benar kuat. Kami memenangkan kedua pertandingan di liga, kami tahu itu, kami memiliki keunggulan poin [di klasemen], tetapi semua hal itu tidak masuk hitungan,” tegas Klopp di situs resmi Liverpool.

Bagi Klopp yang gagal di dua final Liga Champions sebelumnya, melihat sepak terjang Spurs musim ini, tak ada alasan untuk tidak memberinya respek. “Kami menghormati mereka sebagai tim yang baik dengan kisah Liga Champions yang sangat istimewa tahun ini. Jadi, itu akan menjadi pertandingan yang sulit, tentu saja,” tegas Klopp.

Andy Robertson menambahkan, setelah gagal di final musim lalu, mereka kini harus menunjukkan performa terbaik. Ia pun berharap timnya bisa kembali tampil bersemangat dan menunjukkan ambisi menang sepanjang laga.

“Kami tampil kejam musim ini dan kami harus kejam lagi. Tapi saya sudah menyaksikan Tottenham selama tiga atau empat tahun terakhir di bawah Pochettino dan mereka juga tim yang kejam. Kami akan menghadapi pertandingan yang luar biasa melawan tim fantastis dengan pemain fantastis,” ujarnya di Irish Times.

Poche yang tidak bisa menurunkan Ben Davies menegaskan, tidak akan ada kejutan taktik di final ini. “Semua orang mengharapkan pertempuran taktis, tetapi emosi akan menjadi faktor penentu. Kami adalah dua tim yang saling mengenal dengan baik, jadi tidak ada taktik yang akan mengejutkan. Sisi emosional akan menjadi fundamental,” jelasnya di Inside World Football.

Terlepas dari itu, Spurs yang memburu gelar pertamanya di ajang Liga Champions terbang ke Madrid dengan ambisi juara. “Jelas, Anda memainkan final untuk memenangkannya dan kami sedang bersiap untuk memenangkannya,” kata pelatih berpaspor Argentina tersebut.

Palang pintu Spurs, Jan Vertonghen yang akan memimpin rekannya menghalau serangan trisula Liverpool; Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane mengatakan, ia dan kolega ingin memastikan “tahun paling gila” Tottenham berakhir dengan juara Liga Champions.

“Saya akan melihat ini dan berpikir ini adalah tahun paling indah dan paling gila dari semuanya. Saya tidak tahu tentang takdir. Kami harus memenangkannya, jika itu takdir. Kami merasa sangat percaya diri karena performa kami musim ini,” ujar bek Belgia itu di RTE. (amr)

Prakiraan Pemain

Tottenham (4-3-1-2): Lloris; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Sissoko, Wanyama, Eriksen; Alli; Kane, Moura

Liverpool (4-3-3): Alisson; Arnold; Matip, Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

KOMPARASI STARTER

13 gol 16

12 assist 12

27,9 rataan umur 26

183,6 cm rataan postur 182,5 cm

1,3 rataan tembakan 1,3

Head to head

31/03/19 Liverpool 2-1 Tottenham

15/09/18 Tottenham 1-2 Liverpool

04/02/18 Liverpool 2-2 Tottenham

22/10/17 Tottenham 4-1 Liverpool

11/02/17 Liverpool 2-0 Tottenham

Lima pertandingan terakhir Tottenham

12/5/19 Tottenham 2-2 Everton

08/05/19 Ajax 2-3 Tottenham

04/05/19 Bournemouth 1-0 Tottenham

30/04/19 Tottenham 0-1 Ajax

27/04/19 Tottenham 0-1 West Ham

Lima pertandingan terakhir Liverpool

12/05/19 Liverpool 2-0 Wolverhampton

07/05/19 Liverpool 4-0 Barcelona

04/05/19 Newcastle 2-3 Liverpool

01/05/19 Barcelona 3-0 Liverpool

26/04/19 Liverpool 5-0 Huddersfield