Terkendala Peralatan, Dadi yang Viral Menderita Tumor Ganas Dirujuk ke RSWS

Sabtu, 1 Juni 2019 - 20:29 WIB
Iqbal Suhaeb Kunjungi Penderita Tumor.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — RSUD Kota Makassar berupaya memberikan perawatan terbaik kepada Dadi Dg Ngintang, warga Barombong yang menderita tumor pada lengan. Lantaran peralatan medis, pasien dirujuk ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo.

Kasubag Humas dan Pemasaran RSUD Kota Makassar, Muhammad Ansar, menjelaskan, Dadi diantar langsung oleh Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) DPD Makassar atas rujukan Puskesmas. Pihak RSUD Kota Makassar memberikan perawatan dan pemeriksaan selama tiga hari dan dua malam di ruang Perawatan Bedah RSUD Kota Makassar.

“Pada Jumat (31/5/2019), tim dokter merujuk pasien ke RSWS. Alasan pasien dirujuk karena peralatan untuk melakukan tindakan hanya ada di RSWS,” jelas Ansar, malam tadi.

Pada saat hendak dirujuk, pasien dan keluarganya meminta untuk diantar pulang terlebih dahulu ke rumahnya. Makanya, pihak RSUD Kota Makassar menyiapkan layanan mobil Sombere and Smart untuk mengantar pasien pulang ke rumahnya.

Barulah pada sorenya, pihak RSUD Kota Makassar bekerjasama pihak pendamping dari JPKP melakukan komunikasi. Alhasil, pihak keluarga setuju sesuai rujukan sebelumnya.

“Dengan fasilitas ambulans Emergency RSUD Kota Makassar mengantar pasien Dadi ke RSWS,” tambahnya.

Ketua Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) DPD Makassar, Eka Darmawansyah yang mendampingi pasien berujar, terjadi miskomunikasi antara pihak RSUD Daya dengan pihak keluarga pasien.

“Ini bukan dipulangkan atau tidak ditanggung obatnya. Intinya pasien sudah diberikan surat rujukan ke Wahidin. Tetapi tanggapan keluarga pasien, merasa tidak ditangani. Akhirnya pihak pasien minta pulang. Kami tidak tahu kalau pasien pulang,” paparnya.

Sebelumnya, informasi beredar bahwa Dadi Dg Ngintang terlebih dahulu menjalani perawatan di RSUD Daya. Pasien memilih kembali ke rumah, usai tidak mendapatkan penanganan serius dari pihak medis.

Buah hati Dadi, Hana Dg Puji bercerita, orang tuanya semula mendapatkan perawatan di RSUD Daya. Dikarenakan, kurang mendapatkan perhatian, dia memilih membawa pulang orang tuanya.

“Sudah diperiksa. Tiga hari di Rumah Sakit Daya. Katanya tidak bisa dirawat di Rumah Sakit Daya (sehingga pasien memilih pulang),” urai Hana.

Adapun Pj Wali Kota Makassar, Iqbal S Suhaeb siap menanggung biaya pengobatan Dadi Dg Ngintang. Warga Barombong yang menderita tumor pada lengan.

“Pasien tidak perlu tahu itu (urusan administrasi). Semua kita selesaikan. Semoga tertangani dengan baik,” kata Iqbal usai menjenguk Dadi yang kini dirawat di RSUD Wahidin Sudiro Husodo. (smd)