Kalahkan Spurs 2-0, Liverpool Juara Liga Champions

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MADRID—Liverpool menjadi kampiun Liga Champions 2018/2019 usai mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 di partai final. Gol The Reds dicetak Mohamed Salah lewat penalti di awal babak pertama dan sepakan kaki kiri pemain pengganti Divock Origi di akhir paruh kedua.

Ini adalah gelar keenam Liverpool sepanjang sejarah Liga Champions. Sebelumnya, mereka juga menjadi kampiun pada 1977, 1978, 1981, 1984, dan 2005. Sebaliknya, Spurs gagal meraih gelar pertamanya. Prestasi terbaik mereka sebelumnya hanya mencapai semifinal pada 1962 saat dikalahkan Benfica.

Jalannya pertandingan

Pada laga yang berlangsung di Wanda Metropolitano, Minggu, 2 Juni, yang berakhir subuh beberapa saat lalu, Spurs secara mengejutkan memainkan Harry Kane yang baru pulih dari cedera sejak awal. Ia didukung Dele Alli, Christian Erksen dan Heung-min Son.

Beberapa ssat setelah kickoff, Spurs mendapat hadiah penalti setelah Moussa Sissoko menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang saat berusaha memotong umpan Sadio Mane. Mohamed Salah yang maju sebagai eksekutor menaklukkan Hugo Lloris dengan mudah.

Tertinggal gol cepat, Spurs mencoba bereaksi. Dengan penguasaan bola hingga 62 %, Spurs memberikan sejumlah ancaman. Hanya saja, mereka tak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran sepanjang 45 menit.

Sebaliknya, Liverpool sempat memberi ancaman lain di menit ke-37 saat Andrew Robertson melepaskan tembakan jarak jauh. Beruntung bola bisa ditepis Lloris. Tidak ada gol tambahan dan skor 1-0 menutup babak pertama.

Kembali dari ruang ganti, Spurs langsung menekan. Namun, peluang pertama lebih dulu didapatkan Liverpool lewat umpan silang Robertson. Sayang, Lloris mampu memotong bola sebelum disambar Mane.

Spurs merespons di menit ke-56. Berawal dari sepak pojok, Jan Vertonghen mampu memenangi duel. Namun sayang sundulannya masih jauh di atas mistar gawang. Semenit kemudian, Manajer Liverpool, menarik Roberto Firmino yang tampaknya cedera dan memasukkan Divock Origi.

Pada menit ke-62, Klopp kembali melakukan perubahan. Wijnaldum ditarik keluar digantikan James Milner. Ini direspons Mauricio Pochettino dengan menambah penyerang. Pahlawan mereka di semifinal, Lucas Moura dimasukkan menggantikan Harry Winks.

Liverpool nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-68. Diawali serangan yang dibangun Mane, bola diberikan ke Salah yang memantulkannya kepada Milner. Akan tetapi, tendangan Milner hanya melenceng tipis di samping kiri gawang Lloris.

Dele mendapat peluang di menit ke-72 ketika mendapat umpan dari Son. Sayang, tendangannya terlalu pelan sehingga bisa ditangkap dengan mudah oleh Alisson Becker. Setelah itu, Eric Dier dimasukkan Pochettino menggantikan Sissoko yang cedera.

Di 15 menit terakhir waktu normal, Spurs yang memburu gelar pertamanya mencoba meningkatkan serangan. Alli sempat mendapat peluang bagus usai menerima umpan silang. Hanya saja, tandukannya masih jauh di atas mistar gawang.

Spurs mendapat dua peluang bagus di menit ke-79. Pertama melalui Son lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang ditepis Alisson. Setelah itu, Moura yang mendapat bola di depan gawang melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti yang ditangkap Alisson.

Poche menggunakan jatah pergantian terakhirnya dengan memasukkan penyerang gaek, Fernando Llorente di menit ke-82 menggantikan Alli. Satu menit setelah masuknya Llorente, Spurs mengklaim penalti setelah Rose dijatuhkan Robertson. Namun wasit Damir Skomina asal Slovenia menganggap pelanggaran terjadi di luar kotak penalti.

Tendangan bebas itu diambil Eriksen yang melepaskan tendangan keras ke sudut kiri. Beruntung bagi Liverpool, Alisson mampu menepis bola dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Asyik menyerang, Spurs kebobolan dari skema sepak pojok di menit ke-87. Bermula dari kemelut di depan gawang, Origi yang mendapat bola dari Virgil van Dijk melepaskan tendangan kaki kiri yang bersarang ke sudut kiri. Skor 2-0.

Unggul dua gol, Liverpool langsung memasukkan pemain bertahan, Josep Gomez menggantikan Sadio Mane. Dan tidak ada lagi gol yang tercipta. Liverpool menang 2-0. Selamat The Reds. (RCTI/Live Score/amr)

Susunan Pemain

Tottenham (4-3-1-2): Lloris; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Sissoko (Dier 73’), Winks (Moura 65’);Alli (Llorente 82’), Eriksen, Son; Kane

Liverpool (4-3-3): Alisson; Arnold; Matip, Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Wijnaldum (Milner 62’); Salah, Firmino (Origi 57’), Mane (Gomez 89’)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment