Kekurangan Vitamin Bikin Nafsu Makan Naik?

Minggu, 2 Juni 2019 - 18:36 WIB
Ilustrasi/INT

FAJAR.CO.ID–Kekurangan vitamin A di dalam tubuh bisa berdampak pada pengaturan sel-sel lemak dan hormon-hormon yang dilepaskan. Vitamin A juga berperan dalam menjaga berat badan yang sehat. Hal ini seperti dikutip dari Prevention.com.

Lalu, bagaimana bila tubuh kekurangan vitamin lainnya, misalnya D, apakah hanya tulang dan gigi yang mengalami imbasnya? Ternyata tidak juga.

Raut Wajah Kesedihan dari Keluarga SBY Antar Ani Yudhoyono ke Peristirahatan Terakhir

Vitamin D rupanya berperan dalam pelepasan leptin, yaitu hormon yang mengendalikan rasa lapar dan mengatur banyaknya lemak yang disimpan dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan vitamin A dan vitamin D, maka itu akan berdampak pada berat badan Anda dan bisa menyebabkan obesitas.

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter yang membuat seseorang menjadi gemuk bukanlah akibat kurang vitamin A atau vitamin lainnya. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat meningkatnya nafsu makan akibat kekurangan vitamin.

“Ya, sebenarnya kekurangan vitamin tidak bisa menimbulkan kegemukan pada diri seseorang. Hanya saja, salah satu cara tubuh untuk memberi sinyal bahwa dia kekurangan vitamin adalah dengan meningkatnya nafsu makan. Kalau tidak ditahan-tahan, pasti semuanya akan dilahap dan itulah yang akhirnya membuat seseorang menjadi gemuk,” jelas dr. Andika.

Kekurangan Vitamin A Bisa Akibatkan Gemuk?

Lagi pula, meski orang yang kekurangan vitamin itu sudah makan banyak (yang dimakan bukan makanan dengan gizi seimbang), tetapi tetap saja tubuhnya akan lemas. Karena masih lemas, ada keinginan untuk menghilangkannya dengan cara terus mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak, sehingga itulah yang membuat berat badan Anda menjadi kebablasan.

Jadi kurang vitamin A tidak serta merta mengakibatkan kegemukan. Namun jika akhir-akhir ini Anda merasa nafsu makan meningkat, sebaiknya jangan ikuti keinginan tersebut atau Anda akan semakin gemuk.

Cobalah untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur saat nafsu makan tidak bisa dikontrol. Ketika vitamin A dan vitamin lainnya sudah dipenuhi, biasanya nafsu makan pun akan kembali normal. (jpnn)

One thought on “Kekurangan Vitamin Bikin Nafsu Makan Naik?

Comments are closed.