6 Khasiat Minum Rebusan Peterseli

Senin, 3 Juni 2019 - 10:58 WIB

FAJAR.CO.ID–Peterseli mirip dengan daun seledri. Biasanya sering digunakan dalam campuran masakan dan sebagai hiasan atau garnish. Ternyata peterseli juga punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Caranya dengan minum seduhan peterseli segar atau kering dalam secangkir air hangat. Dengan begitu, maka akan memberikan beberapa nutrisi dan antioksidan yang penting untuk kesehatan. Mudah cara membuatnya, murah, dan beraroma. Teh peterseli dapat dikonsumsi dengan sedikit madu, perasan lemon, atau menambah sedikit gula.

Mulailah dengan merebus satu gelas (250 ml) air dalam panci. Selanjutnya, siapkan peterseli dengan membilas 1/4 gelas (15 gram) peterseli segar dan potong-potong. Sebagai alternatif, dapat menggunakan dua sendok makan peterseli kering. Biarkan mendidih selama 5-10 menit. Terakhir, gunakan saringan untuk menyaring peterseli, dan minumlah. Dilansir dari Healthline, Senin (3/6), seduhan teh peterseli punya banyak manfaat sehat.

Kaya Antioksidan

Peterseli adalah sumber antioksidan yang sangat baik, senyawa kuat yang membantu mempertahankan sel dari kerusakan oleh molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Antioksidan memainkan peran sentral dalam kesehatan dan penyakit. Sehingga dapat melindungi terhadap kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Dapat Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah endapan mineral yang terbentuk di ginjal dan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan tajam di punggung, pinggang dan perut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peterseli dapat mencegah batu ginjal. Satu studi menemukan bahwa mengobati tikus dengan peterseli membantu meningkatkan volume urin, mengurangi ekskresi kalsium urin, dan meningkatkan keasaman urin. Peterseli juga bermanfaat sebagai diuretik alami, yang dapat melancarkan buang air kecil dan mencegah pembentukan batu ginjal

Peterseli memiliki banyak vitamin C yang baik bagi tubuh. (Healthline)

Kaya Vitamin C

Peterseli kaya vitamin C. Faktanya, porsi 1/4 cangkir (15 gram) menyediakan hampir 20 mg vitamin C atau sekitar 22 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin C adalah vitamin larut air yang penting yang juga bertindak sebagai antioksidan dan memainkan peran penting dalam mencegah penyakit.

Melawan Kanker

Teh peterseli mengandung antioksidan dan senyawa pencegah kanker. Sebagai contoh, apigenin, flavonoid di peterseli, telah terbukti menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam penelitian tabung reaksi. Terlebih lagi, satu studi tabung menemukan bahwa ekstrak peterseli mampu mencegah kerusakan DNA dan mengurangi penyebaran sel kanker payudara sebesar 41 persen.

Mengatur Siklus Menstruasi

Teh peterseli umumnya digunakan sebagai obat alami untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan menstruasi dan kadar hormon. Secara khusus, mengandung senyawa myristicin dan apiole, yang dapat mempengaruhi produksi estrogen untuk membantu menyeimbangkan hormon. Peterseli juga bertindak sebagai emmenagogue, suatu zat yang merangsang aliran menstruasi.

Kontrol Gula Darah

Di banyak bagian dunia, seperti Turki, peterseli digunakan sebagai cara alami untuk menurunkan kadar gula darah. Menariknya, beberapa penelitian terbaru telah mengkonfirmasi bahwa teh peterseli mungkin memiliki sifat antidiabetes dan mendukung kontrol gula darah yang lebih baik. (jp)