Aplikasi DMI Mudahkan Ibadah Pemudik

Senin, 3 Juni 2019 - 16:13 WIB

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Dewan Masjid Indonesia kembali mengingatkan masyarakat muslim untuk memanfaatkan aplikasi Dewan Masjid di musim mudik ini. Aplikasi yang bisa diunduh di Playstore tersebut bisa digunakan untuk
mencari masjid terdekat, waktu salat, dan arah kiblat, hingga ramalan cuaca selama perjalanan.

Selain itu, aplikasi yang digagas oleh HM Jusuf Kalla ini dapat digunakan untuk mencari dan mengundang da’i secara real-time sehingga sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Departemen Kominfo, Arsitektur Masjid dan Infrastruktur, Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Achmad Sugiarto menjelaskan, selama Ramadhan, aplikasi ini mewadahi penggalangan dana bersama PKPU untuk paket buka puasa dan paket lebaran bagi yang kalangan mustadh’ifin.

Selain itu, ada juga program CloudA.id yang bisa dimanfaatkan sebagai startup muslim yang ingin mengembangkan inovasinya. Di sini mereka bisa mendapatkan voucher saldo senilai Rp 500.000.

Di aplikasi ini pula terdapat program Kegiatan Kreatif Masjid, di mana para remaja masjid seluruh Indonesia dikompetisikan agar berlomba-lomba menambahkan kegiatan kreatif masjidnya. “Pada intinya aplikasi Dewan Masjid ini bertujuan mewujudkan digitalisasi masjid. Lomba ini masih berlangsung hingga akhir bulan Juni,” kata pria yang akrab disapa Anto ini.

Pihak DMI pun mengimbau pengurus masjid agar ikut aktif meng-upload atau memasukkan kegiatan-kegiatan masjid ke dalam aplikasi ini, sehingga kegiatan masjid tersebut dapat diketahui oleh khalayak yang lebih luas. Hal ini juga mendorong terciptanya digitalisasi masjid nasional secara menyeluruh,” tandasnya. (aha)