Buka Puasa Paling Sedap Santap Nasi Timbel dan Ayam Bakar Kaliurang

Senin, 3 Juni 2019 - 14:29 WIB

FAJAR.CO.ID–Nasi timbel biasanya berasal dari Jawa Barat. Dilengkapi dengan sayur asem, ayam goreng, dan sambal terasi dengan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Namun di tangan para chef kali ini, nasi timbel dibuat bernuansa Jawa Tengah.

Nama menunya, Nasi Timbel Ayam Bakar Kaliurang. Cocok untuk berbuka puasa yang hanya tinggal menghitung hari. Rasanya manis gurih khas masakan Jawa Tengah.

“Kami di sini kreasi menu Nasi Timbel Ayam Bakar Kaliurang. Kaliurang itu nama daerah di Jogjakarta. Mengapa? Karena rasanya manis gurih dan cara memasak ayamnya diungkep dulu,” kata Sous Chef Aston Priority Simatupang Hotel and Conference Center, Agus Setiawan kepada JawaPos.com (Grup FAJAR.co.id) baru-baru ini.

Menurutnya ayam yang digunakan bisa dipilih sesuai selera. Boleh ayam negeri atau ayam kampung. Hanya saja, harga ayam kampung lebih mahal dan memasaknya lebih lama.

“Ayam diungkep dulu sebelum dibakar. Lalu dituang lagi dengan saus manisnya di atasnya,” kata Chef Agus.

Bahan-bahan:
Nasi
Daun Pisang
1 ekor ayam dibelah 4
Bumbu dasar (bumbu kuning, bawang merah, bawang putih, kunyit, garam, gula, lada, secukupnya)
Gula merah secukupnya
1 sendok makan saus Inggris
1 sendok makan minyak wijen
1 sendok makan ketumbar
3 siung cengkeh
Kecap manis secukupnya

Cara membuat:
Siapkan nasi tinbelnya dengan membungkus nasi dan daun pisang. Kemudian masaklah ayamnya dengan cara mengungkep terlebih dahulu. Ayam dibumbui dengan bumbu yang ditumis terlebih dahulu. Bumbu tersebut adalah dasar kuning, gula merah, cengkeh, saus Inggris, minyak wijen, dan ketumbar. Masukkan ayam kemudian aduk rata.

Setelah itu, ayam bisa dibakar sampai matang. Setelah diungkep, ayam tidak perlu dibakar terlalu lama. Ayam cukup dibakar hingga bagian luarnya kecokelatan, tapi bagian dalamnya pasti telah matang sempurna. Sajikkan dan tuang lagi bumbu sisa tumisan tadi di atasnya. Nikmati bersama nasi timbel hangat.

Kandungan Nutrisi Ayam

Dilansir dari Live Strong, Senin (3/6), ayam adalah jenis unggas yang tinggi protein dan, ketika dimakan tanpa kulit, lemaknya makin sedikit. Dada ayam tanpa kulit adalah yang terendah dalam lemak dan kalori. Ayam kaya vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.

Seperti daging sapi, ikan, dan jenis unggas lainnya, ayam kaya protein. Setiap ons daging ayam menghasilkan protein 7g. Ayam adalah makanan dengan protein lengkap, artinya mengandung semua sembilan asam amino esensial. Protein memiliki banyak fungsi dalam tubuh manusia, termasuk membangun jaringan dan otot tubuh. Dan ayam adalah makanan bebas karbohidrat.

Menurut Nutrition Data, dada ayam tanpa kulit memberikan paling sedikit kalori dan lemak, sekitar 143 kalori, total lemak 3g, dan lemak jenuh 1g untuk setengah dari dada tanpa tulang besar, tanpa kulit. Ayam juga sumber yang kaya akan dua vitamin B: niacin atau vitamin B3 dan vitamin B6. (jp)