Nurdin Abdullah: Pasar Sentral Jorok dan Tidak Sehat

Senin, 3 Juni 2019 - 15:50 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menilai pasar sentral atau Makassar Mall itu sangat jorok dan tidak sehat digunakan para penjual.

“Kita bisa lihat pasar sentral, pasar basahnya itu sangat jorok yang kedua tidak sehat. Karena saluran udaranya nggak jalan terus lantainya pendek, becek. Jadi itu persoalan,” ungkap Prof Nurdin Abdullah usai mengelilingi tiga pasar di Kota Makassar, Senin, 3 Mei.

Olehnya itu sosok pemimpin yang telah merubah kabupaten Bantaeng menjadi daerah terbaik di Indonesia bagian timur itu, ingin menghadirkan pasar yang layak baik untuk penjual maupun untuk pengunjung.

“Kedepan kita harus menghadirkan pasar yang layak. Kalau sekarang saya pikir nggak layak, belum lagi losnya kecil, sempit dan mahal,” beber alumni Unhas Makassar itu.

Selain itu Gubernur Sulsel kedua yang bergelar profesor ini menyampaikan bila terus seperti itu keadaan pasar-pasar di Kota Makassar, maka tidak menutup kemungkinan orang dari luar tidak mau masuk pasar di Makassar.

“Jujur kita malu kalau orang-orang luar datang ke pasar kita dengan kondisi seperti ini. Kita bisa lihat tidak sehat orang menjual disitu, orang yang datang belanja juga pasti tidak sehat,” kata mantan Bupati Bantaeng 2008-2018 itu.

Lebih lanjut Prof. Nurdin Abdullah menyampaikan sesuai hasil peninjauan yang didampingi langsung Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb di tiga pasar yakni Pasar Sentral, Pasar Terong dan Pasar Pabaeng-baeng.

Menurutnya, harga-harga tidak perubahan yang signifikan dan pasokan juga cukup tersedia.

“Dari segi pasokan cukup tersedia untuk kebutuhan masyarakat, harga-harga juga tidak terlampau naik iya stabillah, secara umum stabil,” kata Nurdin Abdullah. (taq)