Konferensi Pers Brasil, 18 dari 25 Pertanyaan Terkait Dugaan Pemerkosaan Neymar

Selasa, 4 Juni 2019 - 20:51 WIB
Tite/AFP

FAJAR.CO.ID, SAO PAULO—Kasus dugaan pemerkosaan yang dilakukan Neymar mendapat atensi luar biasa. Dalam sesi konferensi pers pelatih Brasil, Tite, hampir seluruh pertanyaan terkait dengan kasus tuduhan pemerkosaan yang menyeret nama superstar Paris saint Germain (PSG) tersebut.

Dari 25 pertanyaan yang diajukan wartawan ke Tite, 18 di antaranya terkait Neymar. Tite yang berbicara tentang kasus ini untuk pertama kalinya sejak mempersiapkan timnas Brasil untuk bermain di Copa America 2018, mengatakan itu adalah masalah pribadi dan dia tidak akan menilai pemain bersangkutan.

“Saya tahu ini masalah pribadi dan perlu ada waktu bagi orang untuk menilai fakta. Saya tidak akan membiarkan diri saya untuk menilai fakta. Apa yang bisa saya katakan kepada Anda adalah bahwa saya telah bersama Neymar selama tiga tahun dan dalam urusan pribadi, antara saya dan dia, dia setia dan jujur,” tegas Tite.

Seorang wanita melapor kepada polisi Sao Paulo pada hari Jumat waktu setempat bahwa Neymar memperkosanya di sebuah hotel di Paris pada 15 Mei. Neymar membantah tuduhan itu melalui sebuah postingan video berdurasi tujuh menit di Instagram yang belakanga juga menuai polemik dan penyelidikan baru lantaran dianggap mengandung konten porno.

Koordinator tim nasional Brasil, Edu Gaspar mengkonfirmasi seorang penyelidik kepolisian mengunjungi tempat pelatihan tim untuk mendapatkan informasi mengenai kasus tersebut. “Hal pertama yang saya lakukan adalah mendapatkan bantuan hukum. Idenya adalah bahwa bantuan hukum ada di sini untuk menyelesaikan kasus secepat mungkin sehingga atlet dapat dengan kepala dingin menuju Copa America,” kata Gaspar.

Gaspar juga mengatakan Neymar akan dibebaskan dari pelatihan dan pertandingan kapan pun dibutuhkan. Copa America, dimainkan di Brasil, berlangsung mulai 14 Juni hingga 7 Juli. “Saran yang saya miliki adalah dia tersedia sebanyak mungkin untuk menanggapi permintaan (polisi),” kata Gaspar.

Dua agen polisi Rio terlihat di dalam tempat latihan Granja Comary di Teresopolis selama konferensi pers Tite. Dimintai komentar, baik polisi Rio maupun konfederasi sepakbola Brasil tidak menjawab. Kedua agen pergi 15 menit setelah konferensi pers berakhir. (FOX SPORTS/amr)