Rutan Sigli Terbakar, 7 Napi Kabur

Selasa, 4 Juni 2019 - 10:49 WIB

FAJAR.COID,ACEH–Kebakaran yang terjadi di rumah tahanan (Rutan) Klas II B Sigli, Aceh, menyebabkan sebanyak tujuh orang warga binaan melarikan diri. Namun, tiga orang berhasil ditangkap petugas dan tengah dilakukan pemeriksaan di Mapolres Pidie, Aceh.

“Perkembangan terakhir yang melarikan diri tujuh orang, tiga tertangkap dan saat ini berada di Polres Pidie,” kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS, Ade Kusmanto saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (4/6).

Ade menuturkan, pasca terjadinya kebakaran, situasi di Rutan Sigli sudah mulai kondusif. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran yang terjadi pada Senin (3/6) kemarin.

“Situasi sudah kondusif. Tidak ada korban jiwa. Gedung utama yang terbakar, (dan) api sudah padam,” ucap Ade.

Ade menyebut, siang ini pihaknya bakal mengevakuasi 90 orang tahanan. Mereka akan dititipkan di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Pidie dan Polres Pidie.

Ditjen PAS telah melakukan video call dengan warga binaan di Rutan Sigli. Hal ini untuk memastikan dan menindaklanjuti penyebab pecahnya kerusuhan sehingga menyebabkan bagian Rutan Sigli terbakar.

Oleh karena itu, seluruh jajaran Ditjen PAS diminta menjaga lingkungan lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rutan agar tetap kondusif. Petugas bekerja sesuai dengan aturan dan standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan.

“Ditjen PAS akan mendengarkan apa yang menjadi keluhan dan menindaklanjuti sehingga terjadinya kebakaran,” jelas Ade.

Kerusuhan di Klas II B Sigli, Aceh terjadi pada Senin, 3 Juni 2019, sekitar pukul 12.00 WIB. Peristiwa itu diduga berawal dari kesalahpahaman antara warga binaan dan seorang petugas. Mereka kemudian cekcok yang berujung pada pembakaran dan kerusuhan.

Peristiwa tersebut berhasil ditangani Polres Pidie. Namun, kepastian penyebab kerusuhan masih diselidiki oleh Tim Divisi PAS Banda Aceh bersama Polres Pidie. (jpc)