Sebelum Pileg NH Sering Sebut Deng Ical, Kini Pilih Irit Bicara Saat Ditanya Usungan Golkar

Selasa, 4 Juni 2019 - 20:50 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Nurdin Halid (NH) sekarang ini memilih irit bicara saat ditanya Pilwalkot Makassar. 

Padahal diketahui, mantan cagub Sulsel itu sebelum pemilihan legislatif (pileg) lalu, berulang kali menyebut nama Syamsu Rizal diusung pada Pilwalkot Makassar 2020.

Misal seperti saat ditemui di salah satu kedai kopi di Jalan Boulevard, Makassar, April lalu, NH  menyinggung hal tersebut. Kebetulan saat itu, Deng Ical, sapaan karib Syamsu Rizal turut mendampingi NH saat ditemui.

“Di Pilwalkot 2020, Deng Ical ini adalah bakal calon wali kota Makassar dari Partai Golkar,” ungkap NH sambil melirik ke arah Deng Ical, saat itu.

Wakil wali kota Makassar itu pun tersenyum. Di Golkar, mantan anggota DPRD Makassar itu menjabat Ketua Harian Badan Pengendali Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD I.

Kata-kata ini sudah dua kali dilontarkan NH. Sebelumnya, mantan calon gubernur Sulsel itu melontarkan hal yang sama saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam 1440 H di sekretariat Golkar Makassar lalu.

Usai Pileg, mantan Ketua Umum PSSI itu kembali ditanya usungan Pilwalkot Makassar justru memilih tidak memberikan jawaban tegas.

Ia hanya dengan tegas akan mengeluarkan seluruh kemampuan yang ada untuk memenangkan calon dari Golkar pada Pilkada Makassar 2020 mendatang.

Sebab partainya tidak ingin menelan kekalahan, pasca Golkar gagal meraih pemenang di Pemilihan Legislatif (Pileg) Kota Makassar.

Tak seperti Pileg 2014, Golkar meraih 8 kursi di DPRD Makassar dan memperoleh kursi ketua, namun di Pileg 2019 Golkar hanya mendapat lima kursi.

“Untuk Pilwalkot Makassar, saya akan keluarkan segala kemampuan saya untuk memenangkan calon Golkar di kota Makassar. Masa Golkar kalah di Pileg harus kalah lagi di Pilwalkot,” tegas Nurdin didampingi Deng Ical saat buka puasa bersama di kediamannya, Sabtu 1 Juni 2019.

Sejumlah kader Golkar mulai mencuat untuk didorong maju di Pilwalkot Makassar 2020, seperti Syamsu Rizal (Pengurus Golkar Sulsel), Rusdin Abdullah (Bendahara Golkar Sulsel), Farouq M Betta (Ketua Golkar Makassar). 

Sebelumnya, Deng Ical yang juga merupakan mantan Wakil Wali Kota Makassar itu enggan bicara lebih jauh soal Pilwalkot.

“Kami ini orang politik, selalu siap, dimanapun dan kapanpun,” ungkapnya, belum lama ini. (taq)