Van Gaal Sebut Solskjaer belum Pantas Latih MU

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Mantan Manajer Manchester United, Louis van Gaal memberikan pendapatnya terkait pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Pelatih asal Belanda yang dipecat dari kursi panas Old Trafford 2016 lalu itu menyebut penunjukan legenda Manchester United sebagai keputusan keliru.

Van Gaal mengatakan klub membutuhkan manajer dengan pengalaman lebih. Makanya, mantan pelatih Barcelona itu mengaku ia terkejut ketika mengetahui Solskjaer diberi kontrak tiga tahun setelah tampil mengesankan sebagai manajer sementara.

Solskjaer yang merupakan pahlawan MU saat meraih treble 1999 silam didatangkan sebagai manajer sementara setelah pemecatan Jose Mourinho. Penunjukan itu di tengah rumor bahwa United akan mendatangkan bos Tottenham Mauricio Pochettino di musim panas.

Tapi Solskjaer menunjukkan kepemimpinan luar biasa. Ia memimpin United meraih delapn kemenangan beruntun di pertandingan pertamanya setelah menggantikan Mourinho yang dipecat pada bulan Desember. Itu membuat manajemen United memutuskan memberinya status permanen.

Salah satu kejutan tim asuhan Solskjaer adalah menyingkirkan raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) di babak 16 besar Liga Champions. Saat itu, Setan Merah menang 3-1 di Paris dan lolos dengan keunggulan gol tandang setelah sempat kalah 0-2 di kandang sendiri. Pada saat bersamaan, ia juga mampu mengembalikan tim ke empat besar Premier League.

Tetapi setelah diserahkan kendali secara permanen, hasil United merosot drastis. Dari 12 pertandingan terakhir, mereka hanya meraih dua kemenangan yang membuat Setan Merah finis di urutan keenam Premier League dan gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Van Gaal mengatakan meskipun Solskjaer sukses di awal tugasnya, United terlalu terburu-buru dalam memberikan pekerjaan kepada mantan striker mereka itu. Louis van Gaal menganggap United mestinya menunggu cukup lama sebelum memberikan Solskjaer pekerjaan.

“Saya sangat terkejut dia mendapatkannya (jabatan manajer permanen) terlepas dari kemenangan pada awalnya. Karena Manchester United adalah salah satu klub terbesar di dunia yang membutuhkan manajer dengan pengalaman dan bukan manajer yang telah melatih di satu atau dua tim dan di level yang lebih rendah,” kata Van Gaal kepada Guardian.

Van Gaal, yang dipecat hanya dua hari setelah memenangkan Piala FA bersama United, mengatakan, seorang pemain hebat belum tentu bisa menjadi pelatih yang bagus. “Sebagai pemain yang baik, Anda bukan manajer yang baik atau Anda bukan direktur teknis yang baik,” tegasnya.

“Kurang lebih apa yang terjadi sekarang dengan [Ole Gunnar] Solskjær – mantan pemain, jaringan anak lelaki tua. Itu tidak selalu merupakan pilihan yang baik. Itu bisa saja tetapi itu tidak selalu pilihan yang baik,” kunci eks pelatih timnas Belanda tersebut. (Mirror/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...