Preview Belanda vs Inggris: Duel Seimbang

Kamis, 6 Juni 2019 - 17:47 WIB
Timnas Belanda/EPA

FAJAR.CO.ID, PORTO—Belanda akan bertemu Inggris di semifinal UEFA Nations League (UNL), Jumat, 7 Juni, dinihari nanti. Pemenang pertandingan ini akan menghadapi Portugal di babak final yang akan berlangsung 10 Juni mendatang. Bagi Belanda dan Inggris, ini akan menjadi duel kedua mereka di babak semfinal dan pertemuan kompetitif pertama sejak EURO ’96.

Keberhasilan di Liga Bangsa-Bangsa UEFA ini akan menjadi puncak bagi Oranje yang bangkit kembali. Dengan banyak anggota skuat dari Ajax yang memukau di musim 2018/19, Belanda adalah tim yang penuh percaya diri menyongsong pertandingan ini. Dan jika mereka bermain seperti yang mereka lakukan saat mengalahkan juara dunia Prancis di fase sebelumnya, mereka tidak perlu takut kepada siapa pun.

Namun, Inggris yang sedang dalam babak baru dengan petualangan mereka di Piala Dunia 2018 Rusia yang luar biasa, juga sangat percaya diri. Dengan skuat muda dan antusias yang luar biasa, mereka sangat menakutkan. Setelah lolos ke Portugal dengan menyingkirkan Spanyol dan Kroasia, mereka sekarang berharap gelar pertama sejak 1966.

Inggris yang memenangkan lima pertandingan terakhir kemungkinan tidak bisa diperkuat Jordan Henderson yang cedera di final Liga Champions.  Sejak Rabu lalu, ia absen dalam pelatihan Inggris. “Kami harus memeriksa Jordan besok,” kata Manajer Inggris, Gareth Southgate pada konferensi pers sebelum pertandingan.

Selain Henderson, sang kapten, Harry Kane juga masih tanda tanya. Akan tetapi, ia diyakini masih bisa bermain kendati kemungkinan besar harus memulai pertandingan dari bangku cadangan. Namun, dengan Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan J. Sancho, lini serang Inggris tetap akan menakutkan.

Di kubu Belanda, mereka tanpa masalah sama sekali. Dengan begitu, pelatih Ronald Koeman bisa menurunkan tim terbaiknya sejak menit awal. Termasuk Frenkie de Jong, Memphis Depay, hingga Ryan Babel.  (UEFA/amr)

Prakiraan Susunan Pemain

Belanda (4-3-3): Cillessen; Dumfries, De Ligt, Van Dijk, Blind; De Roon, F. de Jong, Wijnaldum; Promes, Depay, Babel
Inggris (4-3-3): Pickford; Walker, Stones, Maguire, Chilwell; Henderson, Rice, Barkley; Sancho, Rashford, Sterling