Puncak Arus Balik Diperkirakan 9 Juni

Kamis, 6 Juni 2019 - 08:18 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani mengatakan, puncak arus balik mudik Lebaran 2019 diprediksi akan terjadi pada hari Minggu (9/6).

Pihaknya memprediksi, jumlah kendaraan yang melewati GT Cikampek Utama ke arah Jakarta bakal mencapai 104 ribu kendaraan.

“Untuk pemudik yang menggunakan akses jalan tol dapat menikmati diskon tarif tol sebesar 15 persen pada tanggal 10-12 Juni 2019. Ini diharapkan menarik minat masyarakat sehingga distribusi lalu lintas arus mudik dapat menjadi maksimal,” jelas Desi.

Di Pilgub PDIP Jagokan Duet OD-SK, Ancaman Datang dari Nasdem

Desi juga mengimbau pengguna jalan mempersiapkan perjalanan balik agar dapat lebih baik dari perjalanan mudik kemarin. “Kesiapan pengguna jalan juga membantu keamanan dan kenyamanan perjalanan orang lain,” sambungnya.

Desi kembali menekankan bahwa para pengendara nantinya sudah harus menyiapkan dengan baik uang elektronik di kartu tol masing-masing.

Ia juga meminta agar masyarakat lebih dulu mengisi bensin sebelum masuk tol guna menghindari kepadatan.

Sementara itu, di Ibu Kota, hari pertama lebaran, berdasarkan data TMC Polda Metro Jaya, dari siang hingga sore hari sejumlah ruas tol di Jakarta terpantau padat.

Beberapa ruas tol yang mengalami penumpukan kendaraan adalah tol Cawang, Taman Mini, Cikunir 1, Pondok Gede dan Jakarta-Tangerang.

Rebahan di Pinggir Jalan Depan Rumah, Warga Ini Dilindas Motor Trail

Selain dipadati kendaraan yang akan mudik, kemacetan juga terjadi karena warga ingin bersilaturahmi ke rumah kerabat.

Bukan hanya itu, ada juga yang mengunjungi sejumlah objek wisata favorit di Jakarta.

Di beberapa titik jalan besar ibukota, ruas jalan Pondok Indah, Sudirman-Thamrin, Medan Merdeka, S.Parman, Gatot Subroto, Kuningan, Cawang hingga Pancoran terpantau ramai lancar.

Sebagai informasi tambahan, Jasa Marga mencatat bahwa jumlah kendaraan yang keluar Jakarta dari 29 Mei hingga 4 Juni mencapai 477.280 ribu kendaraan.

Tanpa Memo, Lebaran Pertama Keluarga Yudhoyono Tak Dilengkepi Opor Favorit

Catatan Jasa Marga itu diambil dari kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Angka ini melonjak sampai 104 persen dibanding lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal. Biasanya, pada hari kerja, rata-ratanya ada 23.153 kendaraan di GT Cikampek Utama.

Puncak lalu lintas mudik di GT Cikampek Utama telah terjadi pada H-4 lebaran atau pada 1 Juni 2019 lalu dengan jumlah lebih dari 87 ribu kendaraan. (jpnn)