Ronaldo Hanya Raja Gol Eropa, Ini Top Skor Timnas Seluruh Dunia

Kamis, 6 Juni 2019 - 07:18 WIB
Ali Daei/Wikipedia

FAJAR.CO.ID, PORTO—Cristiano Ronaldo baru saja mencetak hattrick untuk membuat catatan gol internasionalnya menjadi 88. Dengan jumlah itu, kapten Portugal tersebut kini makin memantapkan posisinya sebagai raja gol Eropa dimana ia kini unggul empat gol atas

Legenda Hungaria dan Spanyol, Ferenc Puskás.

Di antara seluruh pemain yang masih aktif bermain dan membela timnas negaranya, pesaing terdekat Ronaldo adalah Robert Lewandowski dan Edin Džeko. Bersama Polandia, Lewandowski sudah mencetak 56 dari 104 penampilan. Sedangkan, Dzeko, di timnas Bosnia dan Herzegovina ia melesakkan 55 gol dalam 101 penampilan.

Selisih yang cukup jauh tentunya dan bisa membuat Ronaldo membusungkan dada. Namun, superstar Juventus itu tidak boleh lantas sombong dan menganggap dirinya sebagai predator timnas nomor satu. Pasalnya, ia bukanlah top skor dunia.

Ada satu sosok yang sejauh ini masih mengungguli Ronaldo. Namanya, Ali Daei. Pria berusia 50 tahun itu adalah predator nomor satu timnas seluruh dunia dengan koleksi 109 gol dari 149 caps. Seluruh gol itu dilesakkan Ali selama membela timnas Iran pada periode 1993-2006.

Rataan gol Ali juga lebih bagus dari Ronaldo. Dengan 149 caps berarti pemain kelahiran 21 Maret 1969 itu mencetak rata-rata 0,73 gol per pertandingan. Sedangkan Ronaldo, dengan 156 caps, ia rata-rata hanya melesakkan 0,54 gol per laga Portugal.

Dengan usia Ronaldo saat ini yang sudah 34 tahun, mengejar Ali yang unggul 21 gol dan menjadi raja gol dunia jelas tidak gampang. Namun, dengan final UEFA Nations League, Kualifikasi Piala Eropa 2020, Piala Eropa 2020, Kualifikasi Piala Duna 2022, Piala Dunia 2022, serta laga persahabatan yang masih bisa dilakoni CR7, itu juga bukan hal mustahil. Apalagi, Ronaldo yang belum memperlihatkan tanda-tanda penurunan fisik juga bisa pensiun di usia 37 tahun seperti halnya Ali yang mengakhiri karier internasional pada 2006. Jadi, bagaimana Ronaldo, siap memburu Ali? (Wikipedia/amr)