Southgate Ogah Kalah Dua Kali di Semifinal

Kamis, 6 Juni 2019 - 18:04 WIB
Gareth Southgate/The FA

FAJAR.CO.ID, PORTO—Inggris akan menghadapi Belanda di babak semifinal UEFA Nations League (UNL), dinihari nanti. Setelah di semifinal pertamanya gagal, Manajer The Three Lions, julukan Inggris, Gareth Southgate menegaskan, pasukannya tidak mau kalah lagi dari Belanda di laga ini.

Bagi Inggris yang bermaterikan sejumlah pemain muda, ini adalah semifinal kedua mereka dalam satu tahun terakhir. Sebelumnya, mereka juga lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Kalah dari Kroasia di Rusia, Southgate menegaskan ambisinya bisa melenggang ke final di Portugal untuk menghadapi tuan rumah.

“Anda ingin terlibat dalam pertandingan yang sangat penting dan kompetisi ini telah menjadi kompetisi yang sangat penting. Kami memiliki pengalaman yang brilian untuk mencapai semi final Piala Dunia, jadi kami ingin terus terlibat dalam pertandingan besar ini,” tegas Southgate di situs resmi UEFA.

“Apa yang harus kita lakukan adalah beralih dari menjadi tim yang telah maju ke dua semifinal menjadi tim yang mengubahnya menjadi kemenangan,” lanjut Southgate.

Inggris yang memenangkan lima pertandingan terakhir kemungkinan tidak bisa diperkuat Jordan Henderson yang cedera di final Liga Champions.  Sejak Rabu lalu, ia absen dalam pelatihan Inggris. “Kami harus memeriksa Jordan besok,” kata Manajer Inggris, Gareth Southgate pada konferensi pers sebelum pertandingan.

Selain Henderson, sang kapten, Harry Kane juga masih tanda tanya. Akan tetapi, ia diyakini masih bisa bermain kendati kemungkinan besar harus memulai pertandingan dari bangku cadangan. Namun, dengan Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan J. Sancho, lini serang Inggris tetap akan menakutkan. (UEFA/amr)