Belanda Sudah Siapkan Taktik Matikan Ronaldo di Final

Jumat, 7 Juni 2019 - 13:34 WIB
Cristiano Ronaldo/Rafael Marchante/Reuters

FAJAR.CO.ID, PORTO—Cristiano Ronaldo tampil fantastis di semifinal UEFA Nations League kala Portugal menghajar Swiss dengan skor 3-1. Namun, itu tak membuat Belanda yang akan jadi lawan mereka di babak final gentar menghadapi Ronaldo dan kawan-kawan.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, menegaskan, mereka sudah menyiapkan taktik meredam Ronaldo. Salah satunya memperkuat penguasaan bola agar suplai ke superstar Juventus itu tertutup. Kalau berjalan bagus, Koeman percaya Ronaldo tidak bisa menyakiti mereka seperti halnya yang ia lakukan saat menghadapi Swiss di semifinal dimana CR7 mencetak hattrick.

“Saya pikir Swiss adalah tim yang lebih baik [di semifinal hari Kamis] tetapi tidak semua tentang itu dan Cristiano Ronaldo adalah pemain yang tidak dapat dipercaya. Kami perlu menjaga bola melawan Portugal – jika kami memilikinya maka Cristiano Ronaldo tidak akan dapat menyakiti kita dengan itu,” tegas Koeman.

Belanda dan Portugal akan berduel memperebutkan trofi perdana UEFA Nations League pada 10 Juni mendatang. Pertandingan partai puncak ini akan berlangsung di Estadio Do Dragao pada dinihari Wita. Bagi Belanda, ini adalah final kelima mereka. Di empat final sebelumnya, Belanda hanya menang sekali yakni di Piala Eropa 1988 kontra Uni Soviet. (UEFA/amr)