Tawaran Beasiswa ke Luar Negeri Mulai Ramai, Awas Kena Tipu

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Beasiswa sekolah ke luar negeri dengan iming-iming tinggi perlu diwaspadai. Banyak agen tidak bertanggung jawab yang justru membuat kantong jadi bolong.

Mantan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Periode 2016-2017, Bagus Ariharyo menyebutkan, tawaran beasiswa ke luar negeri dari agen-agen tidak bertanggung jawab sudah mulai ramai. Apalagi memasuki masa penerimaan mahasiswa baru.

Biasanya, agen-agen itu memberikan informasi beasiswa ke luar negeri dengan biaya murah di kampus-kampus berkualitas. Namun kenyataannya, tak semua tawaran tersebut benar adanya.

“Mereka memberikan informasi beasiswa dengan biaya yang murah. Tetapi ternyata tidak ada. Mereka (korban) hanya diantar, berangkat sampai di kampus, setelah itu ditelantarkan,” kata dia, saat berkunjung ke Redaksi FAJAR, Jumat (7/6/2019).

Apalagi, jika tawaran beasiswa tersebut gratis sepenuhnya. Mesti ekstra hati-hati. Yang ada, bukannya untung malah buntung.

“Ada bahkan yang menawarkan Rp20 sampai Rp30 juta setahun untuk jurusan Kedokteran, itu tidak masuk akal,” ungkapnya.

Kejadian seperti itu, kata dia, tidak akan terjadi jika calon penerima beasiswa lebih teliti. Bukan terbuai dengan iming-iming bisa kuliah di luar negeri yang justru merugikan.

“Kita harus cari informasi kampus yang ditawarkan apa. Kalau laokasinya di pelosok kita harus hati-hati. Bisa jadi kampus itu tidak terakreditasi,” pungkasnya.(ism)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...