Timnas U-23 Indonesia Takluk dari Thailand di Singapura

Jumat, 7 Juni 2019 - 18:30 WIB

FAJAR.CO.ID–Timnas U-23 Indonesia kembali harus mengakui kekuatan Thailand di Stadion Jalan Besar, Singapura, Jumat (7/6) sore WIB. Tim asuhan Indra Sjafri takluk 1-2 dari Thailand pada laga Merlion Cup 2019. Kekalahan tersebut membuat Garuda Muda terpaksa hanya memperebutkan posisi ketiga pada Minggu (9/6) mendatang.

Bagi Garuda Muda, ini merupakan kekalahan kedua dari Thailand secara beruntun. Sebelumnya pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Indonesia juga kalah dari Thailand. Kala itu, Garuda Muda kalah 0-4 di My Dinh National Stadium, Hanoi, 22 Maret lalu.

Sejak awal laga, Thailand memang beberapa kali membuat bek Indonesia kerepotan. Bahkan, laga baru berusia empat menit, gawang Indonesia sudah dibobol pemain Thailand.

Gol bermula dari Bagas Adi Nugroho yang dinilai melanggar Kritsada Nontharath di kotak penalti. Saringkan Promsupa yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Thailand memimpin 1-0.

Saat Indonesia tengah berupaya membangun mental, Thailand sukses menggandakan kedudukan pada menit kesebelas. Kali ini Ekanit Panya yang sukses memanfaatkan kelengahan bek Indonesia. Dia menggiring bola masuk lini pertahanan Indonesia hingga akhirnya menaklukkan kiper Satria Tama.

Jelang turun minum, Witan Sulaiman berhasil memperkecil kedudukan pada menit 42. Dia melakukan aksi individu dan mencetak gol setelah mengecoh kiper Korraphat Nareechan. Skor 2-1 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, Indonesia terus berusaha mencari gol penyeimbang. Empat menit babak kedua dimulai, Indonesia mendapatkan kesempatan melalui Feby Eka Putra. Sayang, tendangannya masih lemah dan mudah diantisipasi oleh kiper Thailand.

Sani Rizky Fauzi yang baru masuk juga mencoba melakukan penetrasi. Sebuah kesempatan diperoleh pemain Bhayangkara FC tersebut. Namun, tendangannya bisa ditahan kiper Thailand pada menit 74.

Pada menit 90, M Rafli mendapatkan umpan matang dari rekannya. Tapi, laju bola masih terlalu kencang. Bola kemudian diamankan oleh Nareechan.

Hingga peluit panjang, skor 2-1 untuk Thailand tak berubah. Hasil ini membuat Indonesia hanya akan memperebutkan posisi ketiga pada Minggu (9/6). Indonesia menunggu hasil dari laga Singapura melawan Filipina. Pemenang laga tersebut akan menghadapi Thailand di final, sedangkan yang kalah bersua Indonesia dalam perebutan peringkat ketiga.

SUSUNAN PEMAIN
Timnas U-23 Indonesia: Satria Tama; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi, Rizki Dwi; Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi, Gian Zola; Feby Eka, Septian Satria, Witan Sulaiman
Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-23 Thailand: Korraphat Nareechan; Jaturapat Sattham, Chatmongkol Tongkiri, Shinnaphat Leeaoh, Rattanakorn Maikami; Wisarut Imura, Sittichok Paso, Saringkan Promsupa; Kritsada Nontharat, Ekanit Panya, Marco Ballini.(JPC)