5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan

Minggu, 9 Juni 2019 16:10

FAJAR.CO.ID–Berkebun nyatanya memang bisa membuat hati gembira. Hal ini sudah dibuktikan oleh begitu banyak penelitian medis, dan tidak cuma itu.Berkebun juga bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda. Apa saja manfaat berkebun untuk kesehatan Anda?Apa saja manfaat berkebun untuk kesehatan tubuh? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Care2, Selasa (28/5).

1. Meningkatkan Mood Anda

Semakin banyak penelitian yang mengaitkan keberadaan alam dengan stres dan suasana hati yang membaik secara keseluruhan, dan sepertinya berkebun termasuk dalam kategori itu.Sebuah studi tentang berkebun dan stres membuat para peserta menyelesaikan tugas yang menegangkan sebelum menugaskan mereka untuk berkebun selama 30 menit atau membaca dalam ruangan selama 30 menit.Kedua kelompok mengalami penurunan kadar kortisol mereka (hormon stres), tetapi kelompok berkebun mengalami penurunan yang jauh lebih signifikan.Ditambah lagi, berkebun berhasil mengembalikan suasana hati positif para peserta.Temuan ini memberikan bukti eksperimental pertama bahwa berkebun bisa mempromosikan bantuan dari stres akut.

2. Memperkuat Sistem Imun Anda

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bagaimana berkebun bisa baik untuk kesehatan Anda.Sebuah studi tentang kekebalan menemukan bukti bahwa paparan mikroba, terutama pada usia muda, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit, dan penelitian lain dari Johns Hopkins Medicine menguatkan temuan itu.Ditemukan bahwa paparan awal terhadap kotoran, bulu dan kuman bisa menurunkan risiko alergi dan asma seseorang.

Komentar