Deschamps Kesal Prancis Kalah di Turki

Minggu, 9 Juni 2019 - 06:48 WIB
Didier Deschamps/AFP

FAJAR.CO.ID, ISTANBUL—Juara dunia Prancis secara mengejutkan takluk di Turki pada matchday ketiga Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020. Pada laga yang berlangsung di Konya Buyuksehir Stadyumu, dinihari tadi, Tim Ayam Jantan menyerah dua gol tanpa balas.

Kaan Ayhan dan Cengiz Under menjadi mimpi buruk Prancis di pertandingan ini. Kaan Ayhan mencetak gol pembuka tuan rumah di menit ke-30. Lima menit sebelum waktu normal habis, Cengiz Under mencetak gol kedua negaranya sekaligus memastikan mereka menang 2-0.

Prancis yang memainkan Olivier Giroud sebagai penyerang yang ditopang Blaise Matuidi, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe sebenarnya tampil lebih dominan dengan penguasaan bola hingga 61 persen. Hanya saja, sepanjang pertandingan, mereka sama sekali tidak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran. Sebaliknya, Turki total melakukan enam tembakan on target.

Pasca laga, Pelatih Prancis, Didier Deschamps pun tampak sangat dongkol dan berbicara pedas tentang kinerja timnya. “Ketika Anda bermain seperti itu di tingkat kolektif, tidak ada hal positif yang bisa diambil dari permainan,” kata pelatih Prancis kepada TF1.

Deschamps yang mengantar Prancis juara Piala Dunia 2018 di Rusia tahun lalu mengaku tak habis pikir dengan performa timnya. “Kami tidak bermain seperti seharusnya melawan tim yang bermain seperti yang diinginkannya,” tegas legenda Juventus tersebut.

Sang pelatih berharap ini menjadi pelajaran bagi anak asuhnya yang kini harus turun ke posisi kedua dengan poin enam atau terpaut tiga angka dari Turki yang meraih hasil sempurna 9 di tiga laga. “Apakah Anda juara dunia atau bukan, ketika Anda tidak menunjukkan niat yang benar, Anda tidak bisa berharap apa pun,” tandasnya. (The Guardian/amr)