Gubernur Sulsel Bersama Pj. Wali Kota Makassar Ramaikan Sosialisasi Sepeda Santai Harganas di CFD Sudirman

Minggu, 9 Juni 2019 - 09:58 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional  (BKKBN) Sulawesi Selatan bersama PaninBank akan menggelar sepeda santai yang diberi nama “Assapeda” sebagai rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke–26 pada Minggu, 30 Juni mendatang.

Sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, penyelenggara kegiatan membuka pendaftaran gratis di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Sudirman, Makassar, Minggu (9/6/2019).

Hadir Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Ketua TP-PKK Sulsel, Lies F Nurdin, Pj. Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, Sekda Kota Makassar, M Ansar, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Kamelia Thamrin Tantu, dan beberapa pejabat OPD lingkup Pemkot Makassar mendaftar langsung dilokasi kegiatan sosialisasi.

Pj. Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengapresiasi kegiatan sepeda santai yang dapat menumbuhkan rasa kedekatan dan sosialisasi antara anggota keluarga dan anggota masyarakat yang lain.

“Terima Kasih semua telah hadir disini. Kami di Pemerintah Kota Makassar akan mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Dan semoga dihari-hari selanjutnya kita menjadikan Kota Makassar sebagai kota yang sehat, dan yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga kebersihan kota Makassar. Sehingga orang-orang dari luar, bisa melihat kota Makassar sebagai kota bersih aman dan tertib”, pungkas Iqbal dihadapan komunitas sepeda yang hadir.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Rini Riatika Djohari mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian Harganas ke–26. Pihaknya menyelenggarakan acara ini secara gratis.

“Alhamdulillah, dalam rangka kegiatan sepeda santai. Kita melakukan sosialisasi dengan membuka pendaftaran gratis di CFD. Mulai hari ini, di CFD Sudirman dan minggu depan di CFD Boulevard. Sosialisasi ini cukup berhasil, banyak yang mendaftar sebagai pribadi dan komunitas. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, gaung kegiatan sepeda santai lebih besar”, jelas Rini.

PaninBank menjadi salah satu sponsor acara tersebut. Pelibatan bank ini memiliki makna yaitu olahraga berperan penting dalam ketahanan keluarga, ketika keluarga sehat maka ada upaya untuk aktif bekerja.

Regional Manager PT PaninBank KTI, Andi Hudli Huduri menjelaskan jika sepeda santai tersebut berbeda dengan sepeda santai biasanya.

“Konsepnya betul-betul sepeda santai, akan diatur tidak terpisah-pisah. Kita akan mengatur bagaimana dengan jarak 12 km peserta bisa tertib dengan bantuan pihak keamanan dan marshal”, ujar Hudli.

Hingga hari ini telah terdaftar 3.200 peserta dari target 5.000 peserta. Sepeda santai dijadwalkan start di lapangan Karebosi mulai pukul 06.00 wita. Ada pun rute yang direncanakan jalan Sudirman – sudirman – M. Yusuf – Mesjid Raya – Jalan Veteran – Dr Ratulangi – Kakatua – Cendrawasih- Balang baru – Metro Tanjung Bunga – jl Haji bau – lamadukelleng- Sultan Hasanuddin – Slamet riyadi – Jl Ahmad Yani dan finish kembali di Lapangan Karebosi. (ama)