Ibu Cantik Dipenjara setelah Bawa Bayinya ke Kelab Malam dan Menidurinya hingga Tewas saat Mabuk

Minggu, 9 Juni 2019 - 08:53 WIB
Foto: Wales News Service

FAJAR.CO.ID, WALES—Bayi berusia empat minggu meninggal setelah ibunya membawanya ke kelab malam. Saat mabuk dan tertidur, sang ibu bernama Marina Tilby menindih bayinya. Wanita 26 tahun itu telah dijatuhi hukuman dua tahun penjara Jumat waktu setempat dimana seorang hakim menyebut insiden itu sebagai ‘kasus mementingkan diri sendiri’.

Sang ibu terlihat berulang kali melempar dan menangkap putranya Darian Tilby dengan saudara perempuannya di klub malam New Quay, Mid Wales, sebelum membawanya kembali ke karavan bersama dua lelaki yang ditemuinya malam itu. Tilby sangat mabuk sehingga saudara perempuannya, yang juga tinggal di karavan, tidak bisa membangunkannya selama satu jam, 15 menit sementara bayi Darian dibawa ke rumah sakit Bronglais, di mana ia kemudian meninggal.

Pengadilan Swansea Crown mendengar bagaimana bayi laki-laki itu ditemukan tidak responsif dengan darah di mulutnya di sebelah Tilby pada dini hari tanggal 31 Maret 2017. Jaksa Penuntut Catherine Richards mengatakan Tilby mabuk dan tertidur di atas anaknya yang kemudian menderita serangan jantung.

Bukti medis tidak dapat membuktikan bahwa wanita yang berguling-guling di atasnya berkontribusi pada kematiannya, juga tidak dapat mengesampingkan bahwa ia mungkin menderita sindrom kematian bayi mendadak. Hakim Paul Thomas mengkritik Tilby, Llwyncelyn di Aberaeron, Ceredigion, karena ‘pengabaian yang disengaja’ terhadap anaknya.

Dyfed Thomas, pembela, mengatakan sejauh mana pengakuan bersalah Tilby atas kelalaian anaknya yang disengaja adalah bahwa ‘dia sangat mabuk’. Thomas juga mengatakan ke pengadilan sang ibu sangat menyesal. “Kesedihannya akan mengisi dirinya karena tidak adanya anaknya selama sisa hari-harinya,” kata Thomas.

Dia mengatakan Tilby, yang tidak memiliki hubungan dengan ayah bayinya, telah didiagnosis menderita depresi sejak kematiannya dan telah “jelas menderita”. Hakim Thomas mengatakan bahwa tidak akan pernah diketahui apakah dokter akan dapat menyelamatkannya jika dia berusaha menolongnya lebih cepat. Dia juga menyatakan bahwa tidak dapat dibuktikan apa yang menyebabkan kematian bayi itu.

Hakim mengatakan: “Adalah tanggung jawab seorang ibu, tugas seorang ibu, dan naluri alamiahnya untuk menempatkan perawatan dan keselamatan anaknya yang berumur empat minggu di atas segalanya. Kamu benar-benar mengabaikan tugas itu sehingga kamu bisa mabuk pada malam hari. Begitu mabuk sampai-sampai Anda tertidur lelap dan tidur di atas bayi Anda.” (Metro/amr)