Jalan Bergelombang dan Rusak, Pemicu Utama Lakalantas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Kualitas infrastruktur jalan ruas Trans Sulawesi di Kabupaten Wajo sangat tidak baik. Hal itu, yang menyebabkan terjadinya Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas).

Kasat Lantas Polres Wajo, AKP Muhammad Yusuf mengatakan, ada tiga peristiwa kecelakaan yang terdata oleh Satlantas Polres Wajo, sejak memasuki arus mudik hingga arus balik pasca lebaran idulfitri kemarin.

“Yakni, di Desa Wewangrewu Kecamatan Tanasitolo, Sabtu, 1 Juni. Desa Inrello Kecamatan Keera, Minggu, 2 Juni. Desa Barangmamase Kecamatan Sajoangin, Selasa, 4 Juni,” jelasnya, Sabtu, 8 Juni.

Kata dia, semua peristiwa naas tersebut terjadi di jalur Trans Sulawesi. Penyebab lakalantas pun beragam. Seperti, tidak taatnya pelaku lakalantas saat berlalulintas dijalan.

“Ada juga kecelakaan karena akibat jalan yang bergelombang. Saat pengemudi berusaha menghindar jalan itu, secara tiba-tiba ada juga kendaraan didepannya, sehingga tabrakan tidak terhindarkan,” tuturnya.

Seperti lakalantas di jalur Trans Sulawesi tepatnya pada ruas poros Sengkang-Luwu, Desa Barangmamase Kecamatan Sajoangin, Selasa, 4 Juni. Dua roda empat terlibat dalam lakalantas tersebut.

“Akibatnya sejumlah penumpang dari kedua mobil tersebut mengalami luka-luka. Kita berharap jalan yang ada di Wajo segera dibenahi,” harapnya.

Sementara, Bupati Wajo Amran Mahmud menyampaikan, ada segera melaporkan kasus lakalantas akibat jalan bergelombang tersebut ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar.

“Segera kita akan membahas ini. Supaya kedepannya tidak ada kecelakaan di Wajo, hanya gara-gara jalan tidak bagus,” tandasnya. (man)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment