Jalan Dusun Wanua Waru Longsor, Akses Warga Terputus

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAROS — Cuaca ekstrim yang terjadi sejak Jumat malam, 7  Juni membuat jalan dusun yang menghubungkan dari Kampung Lappo Batu Dusun Wanua Waru Desa Wanua Waru Kecamatan Mallawa ke Ibukota Desa longsor, Sabtu siang, 8 Juni.

Informasi yang dihimpun menyebutkan longsor ini terjadi siang hari dan menyebabkan warga tidak bisa melintas di jalan dusun.

Salah seorang warga Mallawa, Rudihartono mengatakan sudah sepekan terkahir hujan mengguyur Mallawa. Namun hujan ekstrim baru terjadi Jumat malam, 7 Juni.

“Semalam hujan cukup deras dan siang harinya terjadi longsor,” katanya.

Meski tak ada korban jiwa dalam insiden ini, kata dia, namun akses jalan terputus.

“Ada puluhan warga yang tinggal di Dusun Wanua Waru dan tak bisa melintas di
Kampung Lappo Batu, Dusun Wanua Waru, Desa Wanua Waru,” katanya.

Dia mengatakan panjang longsor kurang lebih 20 meter.

“Para pejalan kaki masih takut melewati jalur ini, soalnya masih hujan dan ditakutkan terjadi longsor susulan,” sebutnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maros, Frans Johan mengatakan pihaknya telah turun melakukan identifikasi.

“Tim kami sudah melakukan identifikasi longsor. Rencananya besok kita baru akan melakukan evakuasi beserta Dinas PU. Kita tidak bisa melakukan kegiatan evakuasi manual sebab terkendala pada kondisi hujan dan berkabut,” ungkapnya.

Diakuinya ada sekitar 55 Kepala Keluarga (KK) yang bermukim di Dusun Wanua Waru.

Dia menambahkan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.(rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...