Konsumsi Serat Ampuh Turunkan Berat Badan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Setelah Lebaran, lini masa media sosial akan dipenuhi oleh keluhan-keluhan para warganet yang kesal terhadap kenaikan berat badan. Bagaimana tidak? Saat masih puasa, Anda berbuka dengan makanan dan minuman yang tinggi gula serta berminyak. Olahraga pun tak dilakukan karena merasa tak sempat.

Lalu, saat merayakan Idul Fitri, Anda terus-menerus mengonsumsi makanan yang berlemak dan bersantan. Jadi, jangan heran bila jarum timbangan terus bergerak ke arah kanan.

Tapi tenang, menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, Anda tetap bisa menurunkan berat badan setelah Lebaran dengan mudah asalkan banyak makan serat!

Manfaat serat untuk turunkan berat badan

Serat adalah salah satu gizi yang sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Itu karena serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh, sehingga lambung akan terasa penuh dalam waktu lama.

Mengonsumsi makanan dan minuman alami yang mengandung banyak serat pada akhirnya akan membuat nafsu makan Anda menurun. Sehingga, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang secara signifikan.

Tak cuma itu, serat dapat pula merangsang pergerakan usus dan memicu bakteri baik untuk bekerja lebih efektif. Alhasil, buang air besar (BAB) menjadi jauh lebih lancar.

“Meski baik dan dapat membantu menurunkan berat badan, Anda tetap harus membatasi jumlah serat yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan serat harian yang dianjurkan adalah sekitar 30 gram per hari,” jelas dr. Theresia.

Asupan serat yang bikin langsing

Serat bisa Anda temukan pada beragam jenis makanan. Namun, yang menjadi pilihan paling praktis dan mudah didapatkan adalah buah-buahan. Faktanya, beberapa buah berikut ini sangat baik untuk menunjang asupan serat harian Anda.

Apel

Dalam 220 gram atau satu buah apel berukuran besar, mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Jadi, dengan mengonsumsi satu apel berukuran besar, Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga asupan kalori bisa berkurang. Ujungnya? Tentu saja penurunan berat badan!

Buah beri

Setengah cangkir bluberi seberat 75 gram hanya mengandung 42 kalori dan dapat memenuhi hampir 12% kebutuhan vitamin C harian. Adapun satu cangkir stroberi mengandung sekitar 48 kalori dan 3 gram serat.

Markisa

Buah yang satu ini tumbuh di daerah tropis dan kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, serta kalium. Selain itu, biji markisa juga memiliki senyawa piceatannol. Zat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki sensitivitas insulin.

Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, asam folat, dan serat yang cukup tinggi. Konsumsi buah mungil berbulu ini setiap hari selama 12 minggu pada seseorang prediabetes dapat menurunkan kadar gula darah, tekanan darah, sekaligus lingkar pinggang!

Jeruk bali

Setengah jeruk bali yang besar hanya mengandung 39 kalori dan mencukupi kebutuhan vitamin C harian sampai dengan 65%! Jeruk bali juga mengandung vitamin A yang baik untuk menunjang kesehatan mata Anda. Dengan mengonsumsi jeruk bali setengah buah, itu akan membantu memenuhi kebutuhan harian vitamin A sebesar 28 persen.

5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara maksimal usai Lebaran, imbangi konsumsi serat dari buah-buahan dengan rutin olahraga, terutama kardio seperti lari, bersepeda, berenang, atau lompat tali. Jangan lupa, atur pula porsi makan Anda! Jika Anda menerapkannya secara konsisten, berat badan pasti akan berkurang tanpa bikin kondisi kesehatan menurun.(jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...