Punya Ambisi Jadi Pimpinan KPK? Silakan Catat Jadwal Pendaftaran Capim KPK

Minggu, 9 Juni 2019 - 16:38 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK), melakukan persiapan menjelang pembukaan pendaftaran 17 Juni mendatang. Pansel berharap mereka yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi tidak ragu mendaftar.

Anggota Pansel Capim KPK, Al Araf menyatakan, pada tahap pendaftaran akan dilakukan seleksi administratif. Hingga 4 Juli, pansel akan memastikan pendaftar memenuhi syarat administratif yang ditentukan. Misalnya berstatus warga negara Indonesia (WNI) dan memiliki keahlian serta pengalaman 15 tahun di bidang hukum, ekonomi, keuangan, atau perbankan.

Buku Setelah Poso, Karya Agus Surya Bakti Mulai Beredar di Gramedia

Setiap pendaftar juga harus memenuhi syarat berintegritas dan bermoral, melepaskan jabatan struktural, tidak menjadi pengurus partai, serta mengumumkan kekayaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. “Mereka yang memiliki kompetensi diharapkan mendaftar menjadi calon pimpinan KPK,” tuturnya.

Al Araf mengatakan, pansel tidak membatasi jumlah pendaftar. Siapa pun yang merasa kompeten dan memenuhi syarat-syarat itu dipersilakan mendaftar. Tim pansel yang diketuai Yenti Garnasih itu sudah mengantisipasi banyaknya pendaftar dengan mengatur tahapan seleksi. “Kami sangat berharap banyak calon yang mendaftar,” imbuh dia.

Pesona Kate Middleton dan Meghan Markle di Ultah Ratu Elizabeth

Setelah tahap seleksi administratif, berikutnya adalah uji kompetensi, profile assessment, tes kesehatan, hingga wawancara. Pansel menargetkan pada September atau sebelum masa jabatan pimpinan KPK saat ini berakhir, sudah ada nama-nama calon yang diserahkan ke DPR. Sebagaimana diketahui, masa jabatan pimpinan KPK saat ini, yakni Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Laode M. Syarif, Saut Situmorang, dan Alexander Marwata, berakhir Desember mendatang. (jp)

One thought on “Punya Ambisi Jadi Pimpinan KPK? Silakan Catat Jadwal Pendaftaran Capim KPK

Comments are closed.