Rusuh, Yonsipur dan Pasukan Elite Kodam Diterbangkan ke Buton

Minggu, 9 Juni 2019 - 10:11 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pasca bentrok Buton, Satgas Yonzipur dan Batalion Infanteri Raider 700/Wira Yudha Cakti (pasukan elite) Kodam XIV Hasanuddin diterbangkan untuk melakukan pengamanan.

Satu kompi pasukan Raider itu akan membantu pengamanan konflik yang terjadi di Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton yang mengakibatkan 87 rumah terbakar.

“Pasukan Raider berangkat 1 SSK. Berangkat bertahap. Melakukan pengamanan sesuai dengan Surat Perintah Pangdam dimulai dari 7 juni sampai dinyatakan selesai,” kata Komandan Batalion Infanteri (Danyonif) Raider 700, Mayor Inf Hengky Vantriardo kepada FAJAR Sabtu (8/6/2019).

Sementara personel Yonzipur 8/SMG Kodam XIV Hasanuddin diterjunkan ke lokasi konflik dalam rangka rekontruksi rumah masyarakat yang terbakar. Mereka bertolak dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, satu peleton Yonzipur dipimpin Letda Czi Imran Sabtu kemarin.

Para personel Batalyon Zeni Tempur yang bermarkas di Sakeang ini tidak diragukan lagi kemampuannya, penugasan rehabilitasi dan rekontruksi gempa bumi di Lombok NTB dan Palu Sulteng menjadi bukti bahwa kehadirannya dapat mempercepat pembangunan pasca bencana.

“Kemampuan spesialisasi konstruksi bangunan menjadi andalan untuk membangun kembali rumah-rumah yang rusak hangus terbakar dan tersisa,” ucap Kapendam XIV Hasanuddin, Kolonel Maskun Nafik.

Diakuinya Maskun, untuk kondisi terkini di Buton warga masih mengungsi. Sebab, pada prinsipnya masih ada yang yang was-was. Namun lokasi pengungsiang juga sudah disiapkan. “Pangdam sudah turun sampaikan nda usah was-was. Prajurit Kodam siap melakukan pengamanan,” tambahnya. (gun)