Tiga Hari, 38.635 Pemudik Tiba Melalui Kampung Rambutan

2 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Penumpang yang turun di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur mulai ada peningkatan pada arus balik H+4 Lebaran 2019. Terhitung sejak pagi tadi jumlahnya mencapai 6.000 orang lebih.

Peningkatan jumlah itu terjadi lantaran, hari ini (Minggu 9/10) diprediksi menjadi puncak arus balik terakhir pada periode Lebaran 2019.

Di Terminal Kampung Rambutan, para pemudik didominasi oleh penumpang bus dengan rute jurusan dari Sumatera menuju Jakarta. Tampak para penumpang yang terlihat tengah menurunkan koper besar ataupun bungkusun oleh-oleh dari kampung halaman.

Ingin Berpaket, Taufiq-Supriadi Gencar Lobi Parpol

Marten (36) salah satu pemudik dari Sumatra Barat yang turun di terminal Rambutan mangatakan, dirinya bersama istri dan dua orang anaknya, terpaksa menggunakan bus karena tiket pesawat yang mahal dan tak terjangkau olehnya.

“Ya terpaksa pakai Bus, tiket pesawat mahal, apalagi kita berempat. Senin sudah masuk kerja soalnya,” ujar Marten.

Tak berapa lama kemudian, Marten dan beberapa pemudik lainnya yang baru datang pun langsung memesan moda transportasi online. “Tinggal nunggu taksi online buat ke Depok,” imbunya.

Buku Setelah Poso, Karya Agus Surya Bakti Mulai Beredar di Gramedia

Namun, ada penumpang lain lebih memilih berjalan kaki ke depan pintu masuk Kampung Rambutan untuk menaiki kendaraan umum ataupun trans jakarta.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto mengatakan, sejak pagi tadi penumpang dari daerah yang menuju Jakarta memang terus mengalami peningkatan. Pasalnya, menurut Thofik, hari ini merupakan hari terakhir dari puncak arus balik lebaran 2019

Pada hari ini hingga kemarin, selain dari Sumatera, para penumpang yang turun di Terminal Kampung Rambutan banyak didominasi dari arah Jawa Barat yang berasal dari Banjar, Tasikmalaya dan Garut. Posisi kedua berasal dari Jawa Tengah dengan rute Cilacap, Purwokerto dan Tegal.

Pesona Kate Middleton dan Meghan Markle di Ultah Ratu Elizabeth

“Kita prediksi kedatangan kendaraan per hari ini sampai nanti malam itu mencapai angka sekitar 20 ribu,” kata Thofik saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (9/6).

Berdasarkan data dari Terminal Kampung Rambutan, angka tersebut jauh lebih besar dari H+1 sampai dengan H+3 lebaran 2019. Pada Kamis (6/6) atau H+1 lebaran, arus penumpang yang datang ke Terminal Kampung Rambutan berjumlah 8.642 jiwa.

Pada Jumat (7/6) atau H+2 lebaran juga diketahui tambah meningkat menjadi 11.842 orang. Selanjutnya pada kemarin Sabtu (8/6), penumpang yang telah datang ke Jakarta berjumlah 18.151 orang. Jika ditotal arus balik pada H+1 sampai H+3 telah mencapai 38.635 orang.

Punya Ambisi Jadi Pimpinan KPK? Silakan Catat Jadwal Pendaftaran Capim KPK

Thofik mengatakan, angka tersebut tak mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan tahun lalu. Tapi, menurut dia, lonjakan penumpang yang datang dari Sumatera justru mengalami kenaikan sekitar 20 sampai 30 persen.

“Kalau yang lainnya ada penurunan tapi tidak jauh. Kalau yang Sumatera salah satunya karena dampak tiket mahal,” katanya.

Kendati demikian, Thofik menyatakan, pihkanya telah melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk lonjakan penumpang yang datang ke Kampung Rambutan. Di antaranya dengan menerjunkan petugas untuk mengatur kedatangan para penumpang yang diarahkan ke berbagai kota di Jakarta.

Kabupaten Cilacap Dua Kali Diguncang Gempa

“Kami juga antisipasi bagi pemudik yang sudah kembali di Jakarta, yang datang pada saat malam hari. Kami berkoordiasi dengan operator pada kendaraan angkutan malam hari. Kami koordinasi juga sama transjakarta untuk menyediakan pengoperasikan kendaraan yang tiba saat dini hari,” pungkasnya.

Di sisi lain, pihaknya juga telah koordinasi dengan aparat kepolisian untuk ikut mengamankan jalannya arus balik lebaran kali ini. Posko pengamanan pun akan dibuka 24 jam untuk mengamankan arus balik lebaran kali ini. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...