Wawancara Ronaldo Jelang Final UNL: Janji Persembahkan Gelar Juara

Minggu, 9 Juni 2019 - 18:26 WIB
Cristiano Ronaldo/Rafael Marchante/Reuters

FAJAR.CO.ID, PORTO—Portugal akan menghadapi Belanda di final UEFA Nations League (UNL), dinihari nanti. Sebelum duel di Estadio Do Dragao ini, UEFA melakukan wawancara eksklusif dengan Cristiano Ronaldo.

Berikut petikannya dikutip dari situs resmi UEFA:

UEFA.com: Apa artinya kembali ke tim nasional dan mencetak gol untuk Portugal?

Cristiano Ronaldo: Ya, bagi saya selalu merupakan suatu kehormatan untuk kembali ke tim nasional. Ini negara saya dan mengenakan baju ini adalah kehormatan besar. Jelas, menjadi bagian dari kompetisi ini bahkan lebih istimewa, dan mencetak gol di dalamnya adalah ceri di atas kue.

Bagaimana Anda memastikan memberikan yang terbaik dengan usia Anda saat ini?

Ini persiapan – etos kerja saya. Saya masih merasa baik meskipun sudah berusia 34 tahun. Yang paling penting adalah kepala Anda, untuk merasa termotivasi dan bahagia, dan untuk mengikuti jalan saya sebagai pemain, karena saya pikir saya memiliki banyak hal untuk diberikan dan saya merasa sangat baik.

Final melawan Belanda, apa pendapat Anda tentang mereka?

Belanda adalah tim yang luar biasa. Mereka bermain cukup baik. Saya telah menonton mereka dalam pertandingan terakhir dan mereka memiliki skuat yang sangat baik dengan pemain hebat – pemain muda dan pemain yang lebih berpengalaman, yang membuat tim mereka lebih kuat. Kita tahu bahwa mereka akan menjadi lawan yang cukup sulit, tetapi saya pikir untuk Portugal dan Belanda, seperti itulah final.

Ini akan menjadi final internasional utama ketiga Anda setelah EURO 2004 dan EURO 2016: bagaimana rasanya?

Seperti yang saya katakan, ketika saya mengenakan kemeja tim nasional, itu adalah kehormatan besar bagi saya dan itu perasaan yang berbeda daripada bermain untuk klub. Ini negara kami: keluarga saya orang Portugal, teman saya juga. Saya dibesarkan di Portugal, jadi istimewa untuk mengenakan baju tim nasional. Dan jelas, kesempatan untuk memperjuangkan trofi membuatnya semakin istimewa – seperti di EURO 2004 dan EURO 2016, dan bagaimana kompetisi ini sekarang.

Tiga final, seperti yang Anda katakan, dan saya berharap untuk memenangkan dua dari tiga. Itu akan fantastis dan saya punya harapan – begitu juga tim. Kami positif; kami bermain di kandang. Saya harap panggungnya akan hebat, bahwa akan ada energi yang baik, bahwa energi ini akan dikirimkan kepada kita, dan bahwa setiap orang dapat percaya diri, karena kita akan berusaha memberikan yang terbaik. Bersama, kita bisa menjadi juara. (UEFA/amr)