Koeman Sebut Belanda Terlalu Dini untuk Juara

Senin, 10 Juni 2019 - 07:33 WIB
Ronald Koeman/Getty Images

FAJAR.CO.ID, PORTO—Belanda gagal mewujudkan ambisi mereka menjuarai UEFA Nations League. Pelatih Belanda, Ronald Koeman menyebut mereka memang mungkin belum bisa meraih gelar dengan skuat yang baru dibangunnya beberapa bulan lalu tersebut.

“Mungkin terlalu dini bagi grup ini untuk memenangkan [trofi]. Ada EURO yang akan datang, tetapi saya tidak ingin menjadi negatif tentang kelompok pemain ini. Saya sangat bangga dengan semangat tim. Itu tidak cukup malam ini tetapi seluruh kampanye sangat positif,” ujarnya.

“Untuk bermain di final, bahkan jika Anda tidak menang, Anda membawa pengalaman bersama Anda untuk waktu berikutnya. Kami sedang membuat langkah besar dalam kampanye Liga Bangsa-Bangsa. Untuk membuat langkah berikutnya mungkin kita membutuhkan lebih waktu, kekuatan yang lebih ofensif – untuk menciptakan lebih banyak peluang, untuk memiliki apa yang kami lewatkan malam ini,” lanjutnya.

Ronald Koeman menjelaskan, mereka tidak bisa mengkreasi peluang menghadapi Portugal yang bertahan sangat bagus usai mencetak gol. “Kami tidak menciptakan terlalu banyak peluang, kami seharusnya lebih pintar, kami tidak cukup baik malam ini. Kami tahu kami harus menjadi yang terbaik untuk menang dan kami tidak,” jelasnya.

“Mereka sangat kompak dalam pertandingan mereka, tetapi Anda harus lebih baik daripada kami dengan gol itu. Di babak pertama kami seharusnya lebih sabar dan memiliki lebih banyak kepemilikan, tetapi mereka mencetak gol dan itu menjadi bahkan lebih sulit karena mereka ahli mempertahankan keunggulan. Kami lelah, kami tidak cukup baik di fase terakhir,” kuncinya. (UEFA/amr)