Pelatih Portugal: Ini Prestasi Bersejarah

Senin, 10 Juni 2019 - 07:42 WIB
Fernando Santos/Getty Images

FAJAR.CO.ID, PORTO—Portugal menjadi kampiun UEFA Nations League edisi pertama. Pelatih Portugal, Fernando Santos menyebut itu sebagai sukses bersejarah dan ia mengaku sangat bangga dengan anak asuhnya yang tiga tahun lalu juga juara Piala Eropa 2016 di Prancis.

“Terima kasih kepada para pemain saya atas kinerja mereka – ini semua tentang mereka, semangat, kinerja dan kualitas mereka. Ini memang edisi pertama turnamen dan saya yakin itu akan menjadi klasik dan untuk memenangkan edisi pertama adalah bersejarah. Sangat brilian telah memenangkannya, tetapi sekarang harus melangkah maju,” tegasnya.

Santos menyebut para pemainnya brilian di final. “Tidak mudah untuk melatih tim nasional – sangat berbeda dengan klub. Para pemain ini brilian, bersemangat dan mereka memiliki motivasi untuk menang. Kami menciptakan lima atau enam peluang gol: kami tidak hanya bertahan, kami tahu bagaimana menyerang juga. Belanda adalah tim yang hebat dengan potensi dan kemampuan serta mobilitas. Mereka tahu bagaimana memanfaatkan kelemahan Anda,” jelasnya.

Sukses Portugal tak lepas dari kemampuan mereka meredam Frenkie de Jong. “Kami sadar akan kualitas kemampuan De Jong. Kami tidak berbicara tentang dia, tetapi kami tahu bahwa jika kami bisa membatasi kebebasannya, kami akan memiliki lebih banyak sukacita,” tandas Santos.

Dalam pertandingan final yang berlangsung di Estadio Do Dragao, Senin, 10 Juni, dinihari tadi, Portugal menang tipis 1-0 atas De Oranye. Goncalo Guedes yang kembali dipercaya sebagai starter oleh pelatih Fernando Santos menjadi pahlawan Portugal. Ia mencetak satu-satunya gol di pertandingan ini pada menit ke-60 usai menerima umpan dari Bernardo Silva. (UEFA/amr)