Teknologi 5G Sudah Bisa Dinikmati di Negara Ini

Senin, 10 Juni 2019 - 12:55 WIB
Teknologi 5G mulai menyasar beberapa negara di Eropa.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Salah satu penyedia jaringan internet di Inggris, EE, memboyong jaringan 5G pertama yang kini bisa dinikmati di London, Edinburgh, Cardiff, Belfast, Birmingham, dan Manchester. Meski begitu, konektivitas 5G saat ini hanya tersedia secara terbatas di kota-kota tersebut.

Diwartakan dari The Verge, seorang jurnalis telah menguji kecepatan jaringan tersebut dengan menggunakan OnePlus 7 Pro 5G. EE sendiri menyasar lokasi-lokasi wisata populer seperti St Paul, Covent Garden, Soho, The Strand, Tower Bridge, dan London Bridge.

Dilaporkan konektivitas 5G memiliki 10 kali peningkatan dari kecepatan rata-rata 4G, di mana 200 Mbps pada jaringan 5G dan hanya 25 Mbps di jaringan 4G dalam lokasi yang sama. Kecepatan terbaik dari konektivitas 5G yang didapat sekitar 510 Mbps di area Covent Garden.

Menariknya, saat diuji dalam ruangan atau menaiki kereta, jaringan 5G masih tetap konsisten berada di 200 Mbps bahkan lebih hingga 980 Mbps. Namun, sayangnya kecepatan unggah jaringan 5G milik EE masih sama dengan milik 4G. Tetapi pihak EE mengatakan akan menaikkan kecepatan unggah hingga antara 100 hingga 150 Mbps.

Dengan kecepatan rata-rata jaringan 5G mencapai 980 Mbps, hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk teknologi yang lebih tinggi, seperti streaming cloud dengan konten 4K atau di atasnya, streaming game cloud, hingga AR.

Di sisi lain, tampaknya para operator harus menentukan harga data yang dijual untuk jaringan 5G. Harga paket 5G dari EE sendiri mulai dari 68 dolar AS atau sekitar Rp 977 ribu untuk data 10 GB selama sebulan dan Rp 1,3 juta untuk 120 GB.

Sementara itu, selain OnePlus 7 Pro 5G, gawai lain yang bisa digunakan di Inggris adalah Samsung S10 5G, Oppo Reno 5G, dan LG V50 ThingQ yang akan tersedia pada Juni mendatang. (sua/fajar)