Tips Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Lebaran sangat identik dengan makanan seperti ketupat, opor ayam, rendang, aneka gulai, dan sambal goreng kentang. Padahal, itu semua makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan bisa memicu tekanan darah tinggi. Biasanya penderita kedua penyakit tersebut sudah menyiapkan obat untuk mengantisipasi kekambuhan.

Siapa pun pasti tergiur dengan aneka makanan yang disajikan selama Lebaran. Ditambah dengan es buah, es cendol, serta berbagai macam kue kering, tentu beragam makanan tersebut sayang untuk dilewatkan.

Begini Pesan Pj Wali Kota Pascalibur Lebaran

Namun, jenis-jenis makanan yang disebutkan di atas mengandung kalori, kolesterol, dan gula yang tinggi. Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons dari KlikDokter, makanan berkolesterol tinggi yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

"Pada akhirnya penumpukan plak akan membuat pembuluh darah mengeras dan kaku. Aliran darah pun akan terganggu, sedangkan tubuh tetap berusaha untuk mengalirkan darah. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi," ujar dokter yang akrab disapa dr. Jesslyn tersebut.

Terpilih Ketua IKA Geologi Unhas, Ini Proker Sugianto

Darah tinggi bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup serius. Penderitanya bisa mengalami perubahan struktur jantung dan penebalan dinding jantung. Jika kondisi ini terus terjadi, maka dalam jangka waktu tertentu fungsi jantung pun dapat menurun. Lalu, bisakah kondisi ini diatasi tanpa obat?

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...