Vettel Dipenalti, Hamilton Juara di Kanada

Senin, 10 Juni 2019 - 05:42 WIB
Foto: REX Feature

FAJAR.CO.ID, KANADA—Sebastian Vettel harus kehilangan kemenangan di Grand Prix Kanada. Pembalap Ferrari itu melakukan kesalahan dan mendapat penalti yang membuat juara bertahan, Lewis Hamilton sebagai pemenang balapan, dinihari tadi.

Vettel dihukum karena mengemudi berbahaya saat berduel melawan saingannya. Ia melebar di Turn Three, dan mendorong Hamilton melebar saat ia bergabung kembali di trek. Race stewards memutuskan Vettel masuk kembali ke lintasan dengan tidak aman dan menghukumnya lima detik karena memaksa Hamilton keluar dari lintasan.

Keputusan ini membuat Vettel sangat marah. Ia mengatakan melalui radio di akhir lomba bahwa ia harus melakukan apa yang ia lakukan lantaran mobilnya harus dikendalikan. Setelah melewati finis, ia menepi jauh dari area parc ferme di mana dia seharusnya berhenti dan mendorong mobilnya mundur ke garasi.

Kemudian dia masuk ke area Ferrari, dan tampaknya memutuskan tidak akan naik podium, sebelum berhasil dibujuk oleh seorang pejabat F1. Vettel kemudian pergi melalui garasi Mercedes sebelum akhirnya menuju podium.

Dalam perjalanan, Vettel memindahkan papan nomor satu dari depan Mercedes Hamilton dan memindahkannya di depan ruang kosong tempat mobilnya seharusnya berada. Dia memasuki ruang hijau dan berkata kepada Hamilton, “Di mana aku harus pergi?”

Hamilton merespons dengan mengangkat bahu: “Ach.” Kemudian menambahkan: “Balapan keras, kawan.”

Hamilton, sementara itu, menerima beberapa ejekan dari penonton. Pembalap Mercedes itu memang kemungkinan akan dilewati Vettel seandainya dia tidak diblokir dengan 22 lap masih tersisa. “Tentu saja itu bukan cara saya ingin menang. Ketika Anda kembali ke lintasan, Anda tidak seharusnya langsung kembali ke garis balap. Anda seharusnya bergabung kembali dengan aman. Kami hampir bertabrakan, tapi itu balapan,” ujarnya.

Rekan setim Vettel, Charles Leclerc finis ketiga di balapan ini. Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas berada di tempat keempat. Sementara driver Red Bull, Max Verstappen berjuang kembali dari posisi kesembilan di grid untuk mengambil posisi kelima di depan Renault dari Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg. (BBC/amr)