Kerusuhan 21-22 Mei, Polri Usut Keterlibatan Mantan Anggota Tim Mawar

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Polri memastikan melakukan penyelidikan atas keterlibatan oknum mantan anggota Tim Mawar, dalam kerusuhan 21-22 Mei 2019.

Kabagpenum Divhumas Polri, Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, prinsipnya penyidik melakukan upaya dengan memperhatikan berbagai sumber informasi. ”Termasuk yang sempat beredar di media itu,” ujarnya.

Ada metode khusus yang sedang diterapkan untuk penyelidikan, tujuannya mengetahui keterlibatan berbagai unsur dan kelompok dalam aksi kerusuhan tersebut.

Polisi Kantongi Video Dugaan Makar Komjen Sofyan Jacob

Saat ini, dari 447 yang pelaku kerusuhan sedang dipetakan, siapa yang menjadi aktor intelektual dan siapa yang menjadi koordinator. ”Aktor intelektualnya masih didalami,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pendalaman juga dilakukan terhadap perencanaan dan pelaksanaan aksi kerusuhan.

Sekaligus terkait jatuhnya korban meninggal dunia, apakah itu merupakan pembunuhan yang terencana atau tidak. ”Masih penyidikan soal itu,” terangnya.

IPW Beber 7 Purnawirawan Terlibat Bersama Komjen Sofyan Jacob

Dalam menangani kasus ini, Polri telah membentuk tim investigasi yang tidak hanya dari unsur kepolisian. Ada pula Ombudsman, Komnas HAM, dan aspek pengawas lainnya.

Semua berkolaborasi untuk bisa menyusun kronologis dan fakta dari kerusuhan tersebut. ”Investigasi bersama ini akan menguak semua,” jelasnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...