Pilkada 2020, Bupati-Wabup Hindari Pecah Kongsi

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Enam dari 12 daerah yang bakal hadapi Pilkada 2020 diisi petahana. Bupati maupun wakil bupati berpeluang maju sebagai calon bupati, namun pecah kongsi dihindari.

Adapun 12 daerah yang bakal Pilkada 2020. Makassar tanpa petahana, Bulukumba, Maros, dan Pangkep diisi petahana wakil bupati. Kemudian, Soppeng dan Barru petahana bupati.

Sementara, enam daerah seperti, Gowa, Toraja, Toraja Utara, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Selayar diisi petahana bupati dan wakil bupati. Namun, keenamnya belum ada terang-terangan untuk saling berhadapan di Pilkada 2020.

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae mengaku, jika dirinya hingga saat ini masih akur dengan wakilnya, Victor Datuan Batara. Selama ini hampir tak ada masalah dalam tugas dan hal lain yang terkait dengan kebijakan.

“Pilkada itu sudah ada tahapannya, saya bersama dengan wakil bupati masih konsentrasi untuk menyelesaikan tugas hingga akhir periode,” kata bupati yang disapa Nico ini, Minggu, 9 Juni.

Akan tetapi, maju tidaknya kembali berpasangan belum sepenuhnya dapat dipastikan. Apalagi melihat dari latar belakang partai politik keduanya berbeda.

Nico diketahui saat ini merupakan Dewan Penasihat Nasdem Toraja, sementara Victor Ketua DPD II Golkar Toraja. Golkar meraih tujuh kursi dan Nasdem 6 kursi dari total 30 kursi di DPRD Tator.

Di Torut juga begitu, Bupati Kalatiku menyebutkan, jika dirinya masih tetap harmonis dengan wakilnya, Yosia Rinto Kadang. Proses pencalonan di Pilkada tak akan mengganggu konsentrasi mengurus pelayanan dan pemerintahan.

Baca Juga: Tak Berniat Lawan Adnan, Karaeng Kio: Kami Mesra

“Ini masih lama, siapapun pasti mau jadi bupati itu hak semua warga negara.Tidak ada masalah, kita akur (dengan wabup), kita mau selesaikan periode dengan baik,” tuturnya.

Namun, Yosia untuk diketahui sangat mungkin bisa maju menjadi calon bupati setelah partai yang di pimpinnya di Torut berhasil keluar sebagai peraih kursi ketua DPRD. Ia juga berhasil mendudukkan istrinya Stevany Rataba jadi anggota DPR RI dari partai Nasdem pada pemilu yang lalu.

Berbeda di Luwu Utara. Bupati patahana Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan, saat ini belum menentukan pasangannya. Ia pun belum bisa memastikan apakah kembali bersatu atau tidak.

“Bagi saya sekarang ini masih “periode” mendengar,” kata Indah kepada FAJAR, kemarin.

Dia mengaku saat ini masuh tetap menerima masukan. Apalagi tahapan pileg dan pilpres 2019 saja belum tuntas. ”Sabar ya,” singkat Indah. (taq-fred)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...