Sabri Berpotensi Jadi Tersangka Lagi, Ini Kasus Tambahannya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mantan Sekretaris KPU Kota Makassar, Sabri, berpotensi menjadi tersangka lagi. Sebab, pada pembangunan gudang KPU Kota Makassar dia merupakan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Penyidik juga sudah mengantongi beberapa identitas yang diduga terlibat dalam proyek senilai Rp2,4 miliar yang disetujui oleh Pemkot Makassar. Apalagi, keluarga dari istri Sabri sendiri yang mengerjakan proyek tersebut.

“Gudang KPU itu pemeriksaan tetap mengarah kepada Sabri, karena dia KPA,” kata Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Yudha Wirajati, Selasa (11/6/2019).

Selain itu diakui Yudha, pihaknya juga tengah mengagendakan pemeriksaan kepada Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Aula KPU Kota Makassar tahun 2016. “Termasuk Bendahara KPU, Nur Asia, dan rekanan. Kita agendakan minggu ini,” tambahnya.

Sebelumnya, Sabri ditetapkan tersangka pada 23 April lalu terkait penyalahgunaan dana hibah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Makassar tahun anggaran 2017 dan tahun anggaran 2018 sebesar Rp60 miliar.

Tahap pertama sebesar Rp16,6 miliar pada akhir 2017, sedangkan tahap kedua Rp43,3 miliar pada tahun 2018. Sesuai dengan MoU yang disepakati Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Ketua KPU, M Syarief Amier. Dana hibah tersebut dicairkan melalui Rekening Bank Sulselbar atas nama KPU Kota Makassar.

Dalam pelaksanaannya, ditemukan rencana anggaran biaya tidak direalisasikan dan pungutan pajak yang tidak disetorkan ke kas daerah. Mulai pengadaan barang jasa yang belum dibayarkan kepada penyedia jasa, pembayaran honor PPK dan PPS yang belum terbayarkan, pajak yang telah dipungut mulai November sampai Oktober 2018 yang belum disetorkan ke kas daerah. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...