Skadron 33 Lanud Siap Dioperasikan

Selasa, 11 Juni 2019 - 18:47 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, MAROS — Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin siap beroperasi. Itu ditandai dengan hadirnya dua pesawat Hercules di Baseops. Alutsista pun ditambah untuk menunjang operasi di wilayah Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) II.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin (Danlanud), Marsma TNI H Haris Haryanto, dua jenis pesawat angkut militer yang bermesin empat turboprop sayap tinggi sudah tiba di Lanud.

“Dua pesawat hercules tersebut merupakan pengalihan dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma dan Skadron Udara 32 Lanud Abdurrahman Saleh,” katanya kepada FAJAR, Selasa (11/6/2019).

Dengan hadirnya skadron baru ini, jenderal berpangkat bintang satu itu mengharapkan dapat memperkuat komponen alutsista yang dimiliki Lanud Sultan Hasanuddin guna membantu dukungan logistik, dukungan pasukan dan mengangkut bantuan dalam operasi militer selain perang.

“Tugas pokok Skadron 33 nanti selain menjadi pesawat angkut, juga sebagai tactical airlift, baik barang maupun pasukan,” tambahnya.

Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin dengan alutsista pesawat herkules akan diresmikan Jumat, 14 Juni. “Itu nanti akan diresmikan pengoperasiannya oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna,” tambah Kepala Penerangan Lanud Sultan Hasanuddin, Mayor Sus Henny Purwani. (gun)