6 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID–Meski tidak sepopuler beras putih atau beras merah, beras hitam adalah jenis beras yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.Perlu diketahui, beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi serta mengandung zat antosianin–senyawa flavonoid yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan.

8 Tips Mengatasi Lelah

Selain itu, antosianin juga bisa bermanfaat membantu melawan penyakit kanker, jantung, hingga gangguan kesehatan lain.Berikut adalah beberapa manfaat beras hitam lainnya yang harus Anda tahu, di antaranya, seperti dilansir laman Stylecraze, Senin (10/6).

1. Kaya Akan Antioksidan

Ketika berbicara tentang kandungan antioksidan, maka tidak ada bahan lain yang mendekati beras hitam.Bekatul (lapisan paling luar) dari butiran beras hitam mengandung tingkat anthocyanin tertinggi dari makanan apa pun.

Gizi Tetap Jadi Masalah Serius di Asia

Bahkan, bekatul beras hitam ini memiliki kandungan antosianin tertinggi dibandingkan dengan semua varietas gandum lainnya seperti beras merah, beras merah, dan quinoa merah.Antosianin ini mampu memerangi kerusakan akibat radikal bebas, mencegah penyakit kardiovaskular, dan mengobati infeksi mikroba dan diare.

2. Memerangi Kanker

Sebuah studi eksperimental yang dilakukan oleh Universitas Militer Ketiga di Tiongkok menemukan bahwa ekstrak beras hitam yang kaya anthocyanin berhasil menekan pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker payudara pada tikus.

3. Mengurangi Peradangan

Para peneliti di Universitas Ajou di Korea telah menemukan bahwa beras hitam bekerja sangat baik dalam mengurangi peradangan.

  • Bagikan