8 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Buah lemon sangat khas dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Tingginya kandungan vitamin C di dalam lemon sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu mencegah terjadinya pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh.

Buah yang memiliki nama latin Citrus limon ini paling mudah ditemukan di kawasan Asia Selatan. Meski demikian, saat ini lemon sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun pasar modern.

Manfaat lain dari lemon

Bagi Anda yang sering mengolah masakan dengan menggunakan lemon, atau minum sari lemon, Anda bisa mendapatkan manfaat lain dari buah ini. Berikut beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari lemon:

1. Mencegah kulit keriput

Manfaat itu bisa didapat dari kandungan vitamin C dalam lemon, yang juga dikenal sebagai asam askorbat. Vitamin C mampu membantu pembentukan kolagen dan membuat kulit Anda kenyal dan penuh.

8 Tips Mengatasi Lelah

Menurut dr. Muhammad Anwar Irzan kepada KlikDokter, vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit. “Orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki risiko lebih sedikit mengalami kulit keriput dan kering,” ujarnya.

2. Memberi Anda energi

Thiamin dan riboflavin, bagian dari kelompok vitamin yang disebut vitamin B kompleks yang ada di dalam lemon mampu mengubah makanan Anda menjadi energi yang Anda butuhkan. Kedua kandungan itu juga membantu sel-sel di tubuh Anda untuk tumbuh dan melakukan fungsinya.

3. Membantu perkembangan janin

Lemon memiliki sejumlah kecil vitamin B yang disebut asam folat atau folat. Ini membantu janin tumbuh dengan baik dalam rahim. Sel menggunakan asam folat untuk membelah untuk membuat lebih banyak sel. Ini juga menciptakan bahan genetik di kedua tubuh Anda yang memberi tahu sel-sel bayi Anda bagaimana membangun tubuhnya.

4. Membunuh bakteri dalam makanan

Kandungan asamnya yang tinggi sungguh sempurna untuk makanan salad sayuran Anda. Ini juga membantu membunuh bakteri salmonella yang mungkin ada di makanan, talenan, atau meja dapur Anda.

Jika Anda ingin memastikan sayuran hijau Anda bersih, campurkan lemon dengan cuka secukupnya. Itu sangat ampuh membunuh bakteri di makanan dalam waktu sekitar 15 menit.

5. Menjaga kesehatan jantung

Ini karena kandungan flavonoid yang ada di lemon. Jika Anda rutin mengonsumsi lemon, semakin kecil kemungkinan Anda terkena penyakit jantung. Lemon juga membantu menjaga lemak dan gula dalam darah Anda pada tingkat yang sehat. Terlalu banyak dari keduanya berdampak buruk bagi jantung Anda.

6. Menjaga kesehatan otak Anda

Melansir WebMD, lemon memiliki bahan kimia khusus yang dapat menjaga sel-sel otak aman dari zat beracun dalam tubuh Anda. Dan, karena mereka juga melindungi terhadap kerusakan dan peradangan sel umum, mereka dapat membantu mencegah penyakit otak seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.

7. Jaga kesehatan gusi

Gusi yang bengkak, berdarah, dan gigi tanggal adalah tanda terganggunya kesehatan gusi Anda. Itu biasa terjadi pada orang yang kekurangan vitamin C. Akan tetapi, kini gusi Anda bisa mendapatkan manfaat dari rajin mengonsumsi lemon.

Gizi Tetap Jadi Masalah Serius di Asia

Hanya saja, drg. Arni Maharani dari KlikDokter menyebut bahwa kandungan asam sitrat pada lemon buruk untuk enamel gigi. Pada akhirnya, itu bisa membuat lapisan email gigi keropos.

8. Membantu saat Anda flu atau demam

Lemon dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh selalu baik. Di sisi lain, jika Anda merasa sudah mulai ada tanda-tanda flu atau demam, lemon dicampur air hangat bisa membantu Anda mengurangi gejala flu.

Selain fungsi-fungsi di atas, menurut dr. Anwar Irzan kandungan senyawa asam sitrat dalam lemon yang cukup tinggi mampu menghambat pengkristalan batu ginjal.

Pola Makan Salah Bisa Picu Migrain

Nah, jika Anda biasa mengolah makanan dengan menggunakan lemon, selain untuk mendapatkan rasa yang segar, kini Anda punya alasan lain. Beragam manfaat lemon yang dipaparkan di atas memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Meski demikian, tetap gunakan lemon dalam jumlah yang tidak berlebihan. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...