Ini 5 Makanan Terbaik untuk Penderita Hipertensi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Saat ini hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang menghantui seluruh dunia. Hipertensi juga menjadi faktor risiko paling besar untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Maka pasien hipertensi atau pra hipertensi wajib menjaga asupannya.

8 Tips Mengatasi Lelah

Orang yang menderita tekanan darah tinggi diminta untuk memerhatikan asupan makan. Ini dilakukan guna memastikan tingkat tekanan darah mereka terkendali. Menurut sebuah studi terbaru, memotong asupan natrium dan menghilangkan trans-lemak dari makanan dapat mencegah 94 juta kematian dini akibat penyakit kardiovaskular (CVD). Studi ini dipublikasikan secara online di jurnal Circulation. .

“Memfokuskan intervensi ini dapat memiliki dampak potensial yang sangat besar pada kesehatan jantung hingga 2040,” kata penulis dan Associate Professor Global Health di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan Goodarz Danaei seperti dilansir dari NDTV, Rabu (12/6).

8 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Untuk menganalisis hasilnya, para peneliti menggunakan data global dari berbagai penelitian dan perkiraan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Temuan itu mengungkapkan bahwa meningkatkan pengobatan tekanan darah tinggi hingga 70 persen dari populasi dunia dapat memperpanjang usia 39,4 juta orang. Lalu dengan membatasi asupan natrium sebesar 30 persen dapat mencegah 40 juta kematian akibat darah tinggi.

Maka menggabungkan 3 cara yakni rutin minum obat hipertensi, menghindari makanan trans lemak, dan mengurangi natrium akan menjadi cara efektif. Selain mengurangi natrium, pasien tekanan darah tinggi juga harus memasukkan kalium dalam makanan mereka.

6 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Kalium berperan penting dalam menetralisir efek buruk natrium. Selain itu, bisa membantu mengeluarkan natrium dari urin.

Untuk itu, ada beberapa makanan terbaik yang bisa dikonsumsi untuk mengatur tekanan darah dan baik bagi pasien hipertensi. Apa saja?

Pisang

Dilansir dari Medical News Today, Rabu (12/6), makan pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kanker dan asma. Pisang dipercaya mebgandung potasium yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan. Pisang kaya akan kalium dan serat. Pisang dapat membantu mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan masalah pencernaan.

Bayam

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli terdiri dari antioksidan dan magnesium, yang bisa menurunkan potensi risiko hipertensi diabetes. Selanjutnya, kehadiran polifenol dan vitamin C menambah manfaatnya.

Berry

Buah berries selain baik untuk pasien hipertensi, seperti blueeberry, raspberry, stroberi, dan blackberry adalah buah lezat yang memiliki pemanis alami dan bisa mengatur kadar gula darah.

Alpukat

Alpukat mampu menghalau lemak jahat bahaya bagi jantung. Namun faktanya, lemak tetap sangat penting dan diperlukan untuk kesehatan. Dan alpukat mengandung lemak baik untuk itu.

Oat

Biji-bijian seperti beras merah, gandum, oat, quinoa, beras liar, jagung, gandum hitam, jagung, mengandung serat dalam jumlah tinggi. Mengandung antioksidan dan mineral seperti seng, tembaga, magnesium, dan besi yang baik untuk pasien hipertensi. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar