Jadikan Menulis Sebagai Investasi

Rabu, 12 Juni 2019 - 10:50 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Aktif berkarya, berorganisasi, dan menjadi volunteer, tidak menyurutkan keinginan Muhammad Asrul untuk berprestasi dalam bidang akademik. Unggul dalam beberapa ajang lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) nasional telah diraihnya.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar ini senang menulis KTI, riset, dan esai. Kegemaran ini tumbuh sejak Ia duduk dibangku kelas XI di SMAN 5 Takalar.

Menurut Asrul, menulis adalah hal yang menyenangkan karena dapat menjadi investasi terbesar di dalam hidup. “Menulis menjadi senjata untuk kedepannya agar tak tertinggal karena banyak yang diketahui,” ungkapnya.

Pola belajarnya pun terbilang cukup unik. Ia menerapkan konsep manajemen prioritas yang dipopulerkan Steven R. Covey. Di antaranya penting dan mendesak, penting dan tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak, tidak mendesak dan tidak penting.

“Saya juga memperbanyak referensi seperti buku dan jurnal, belajar menghargai karya dan mempelajari beberapa karya untuk dijadikan referensi bukan plagiarisme,” ujar cowok penyuka seafood ini.

Memegang prinsip, totalitas dan loyalitas dalam berkarya, ikhlas dan ingin berkorban. Membuat Asrul tak sulit membagi waktu dengan sekelumit aktivitasnya. “Skala prioritas, ketika ada hal yang lebih penting maka prioritaskan. Dilema dalam berlembaga hal yang wajar, tapi tetap saya jalani, tidak ditinggalkan,” ujarnya.

Ia juga berkisah, saat mengikuti ajang perlombaan, nervous selalu menyelimuti batinnya. Namun, Penerima Beasiswa Unggulan dari Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud RI ini punya cara tersendiri untuk mengatasinya, yakni dengan berdoa. “Cara ini salah satu langkah terbaik untuk menghilangkan rasa cemas atau grogi saya,” sebutnya.

Tahun depan, Asrul akan berangkat ke Turki sebagai delegasi, karena telah lolos lomba KTI tingkat nasional. Ia pun berbagi tips lolos lomba kepenulisan bagi mahasiswa yang memiliki hobi yang sama dengan Asrul. Pertama perhatikan sub tema even dan diskusikan dengan dosen pembimbing.

“Kedua, cari ide unik dan sesuai dengan zaman, paper ilmiah harus rapi serta sesuai dengan kaidah KBBI,” tips mahasiswa berprestasi terbaik satu tingkat Unismuh ini. (aas)

 

BIODATA

Nama lengkap : Muhammad Asrul
Panggilan : Asrul
TTL : Takalar, 06 Juni 1998
Jurusan: Program Sarjana Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar
Nama ayah : Sarailu
Ibu: Hasna
Saudara : anak bungsu dari enam bersaudara

List Prestasi :

1. Finalis lomba Karya tulis ilmiah mahasiswa nasional LENTERA FKM di Universitas jember 2016

2. Mahasiswa Berprestasi Public Administration Universitas Muhammadiyah Makassar 2017

3. Delegasi Konferensi Administration Fair di Universitas Hasanuddin 2018

3. Finalis Duta Baca Provinsi Sulawesi Selatan di Dinas Kerarsipan dan Perpustakaan Daerah SulSel 2018

4. Finalis Esai Inovator Essay Competition Riau 2018

5. Best Research Symposium ILP2M Universitas Airlangga Surabaya

6. Duta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar 2019

7. Juara III best Innovation Konseptual di IPDN bandung 2019

8. Mahasiswa Berprestasi Utama 1 Universitas Muhammadiyah Makassar

9. Juara 2 Kompetisi Riset Mahasiswa Nasional YNSF 2019 Di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung