Ma’ruf Jabat Ketua DPS BNI Syariah dan BSM, KPU: Kami Sudah Klarifikasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Status Ma’ruf Amin yang masih menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas (DPS) di Bank Syariah Mandiri (BSM) dan BNI Syariah, dipersoalkan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Persoalan inipun menjadi materi gugatan baru yang mereka layangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Kini, sebagai penyelenggara yang menyatakan kepesertaan dari capres dan cawapres dalam pemilu, Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) menjadi sorotan publik. Masyarakat lantas bertanya-tanya, apakah pendamping Joko Widodo (Jokowi) itu layak dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) pencalonan atau tidak (TMS)? Dan, atas dasar apa?

Menjawab hal ini, Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari menegaskan, dalam proses tahapan pendaftaran pasangan capres-cawapres, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Keputusannya, Ma’ruf Amin terbukti MS.

Mutasi Nurdin Tak Berhenti, Siap-siap Dua Staf Ahli Bakal Nonjob

Salah satu alasannya yaitu BSM dan BNI Syariah bukanlah perusahaan Badan Umum Milik Negara (BUMN). ‎”Sehingga kemudian calon wakil presiden Pak Kiai Ma’ruf Amin dinyatakan tetap memenuhi syarat,” ujar Hasyim kepada wartawan, Rabu (12/6).

Hasyim juga mengatakan, sedari awal KPU sudah mengetahui Ma’ruf Amin menjabat Ketua DPS di kedua bank tersebut. Namun, KPU telah meminta klarifikasi dari berbagai lembaga tentang jabatan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (nonaktif) ini.

“Jadi, informasi ini bukan informasi awal bagi KPU. Ini sudah diketahui sejak awal,‎ dan KPU juga menggunakan kesempatan melakukan klarifikasi kepada lembaga-lembaga yang punya otoritas untuk menentukan itu,” katanya.

Dokter Onasis : Saya Siap Bertarung di Pilwalkot Makassar

Oleh sebab itu, berdasarkan dari klarifikasi tersebut, KPU yakin tidak melanggar Pasal 227 huruf P Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). ‎”Kalau KPU berdasarkan verifikasi meyakini bahwa lembaga itu bukan BUMN,” ungkapnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...