Mendiang George Toisutta, Sosok Jenderal yang Bangga dengan Makassar

Rabu, 12 Juni 2019 - 09:41 WIB

FAJAR.CO.ID,JAKARTA–Politikus NasDem Akbar Faizal punya kenangan tersendiri dengan mendiang mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI (Purn) George Toisutta. Akbar menceritakan, jenderal kelahiran Ujung Pandang, Sulawesi Selatan, 1 Juni 1953 ini tak pernah melupakan tanah kelahirannya.

Bahkan, beber Akbar, suatu pernah ia dan mendiang bertemu di bandara di Singapura. George Toisutta pun memanggilnya dengan panggilan khas Bahasa Makassar. ”Oeee …. lakemaeko gang (Mau kemana teman, red),”kata George saat itu. Politikus NasDem ini mengaku mengenal mendiang saat menjabat KSAD. Akbar menambahkan, mendiang selalu berbahasa Makassar kalau bertemu. “Persis gaya OC Kaligis kalau ketemu saya dulu selalu berbahasa Makassar. Keduanya tak mau disebut orang Ambon atau orang Manado,”jelasnya.

Sebelum menjalani perawatan medis,kata Akbar, mendiang sempat menjalankan ibadah umrah.

“Kami punya kenangan indah bersama almarhum. Saat itu rombongan kami KH Ma’ruf amin, Amran Sulaiman, Haji Isam Banjarmasin, Murad Ismail Eks KakorBrikom yang sekarang Gubernur Maluku, Gub Kalsel, dan masih banyak yang lain. Beliau amat sangat religius. Semua waktunya dihabiskan di Baitullah,” tulis Akbar melalui pesan WA.

Saat itu saya meminta kesediaan mendiang untuk foto bersama. “Jenderal, kita berfoto dulu sebagai kenangan haji kita bersama. Dia langsung merapatkan diri dan merangkul saya,”cerita Akbar Faisal. Innalillahi wainna ilahi rojiun. Istirahatlah Jenderal. Telah kau catatkan namamu dalam sepotong perjalanan bangsamu dan kesatuanmu, TNI AD. (eds)