Nurdin Abdullah Sudah Empat Kali Plesiran ke Luar Negeri, Wagub Satu Kali

Rabu, 12 Juni 2019 - 20:59 WIB
Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sudah empat kali Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, melakukan perjalanan ke luar negeri. Itu sejak dia menjabat sebagai Gubernur Sulsel. Sementara Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, baru sekali.

Baru-baru ini, Nurdin bertolak ke Jerman dan Belanda, Senin, 10 Juni 2019. Kunjungan tersebut untuk menghadiri MoU dengan sejumlah perusahaan terkait penyediaan air bersih. Setelah ke dua negara eropa tersebut, Nurdin dan sejumlah rombongan kepala daerah se-Sulsel meneruskan perjalanan ke Jepang.

Sebelumnya, kunjungan yang sama pernah dilakukan Nurdin Abdullah. Yakni ke Jepang dengan membawa sejumlah anggota TP2D, pada 2018 lalu. Kemudian 2019 Nurdin dua kali berkunjung ke negara yang sama.

Kunjungan pertama ke Jepang pada 2019 lalu, Nurdin mengajak sejumlah kepala OPD dan Bupati/Wali Kota. Kemudian berikutnya, Nurdin kunjungan lagi ke Jepang dengan mengajak Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Palubuhu.

Awal pekan ini, kunjungan Nurdin menyasar wilayah Eropa. Dia mengajak beberapa kepala daerah. “Sebetulnya, saya sudah beberapa kali diundang. Baru sempat berangkat ini, terkait penanganan air bersih di pulau-pulau,” bebernya.

Kunjungan Nurdin cukup lama. Usai menyelesaikan kunjungan pada 17 Juni mendatang, Nurdin kembali akan bertolak ke Jepang. Tepatnya pada 19 Juni nanti. Sementara, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, baru sekali kunjungan ke luar negeri, yakni ke Swiss pada 2018 lalu. (ful)