Perantau Jadi Penantang Petahana di Pilkada Torut

Rabu, 12 Juni 2019 - 12:41 WIB

FAJAR.CO.ID.RANTEPAO— Puluhan diasfora dari berbagai latar belakang siap maju di pilkada Toraja Utara (Torut). Petahana, Bupati dan Wakil Bupati Torut, Kalatiku Paembonan – Yosia Rinto Kadang bakal dapat penantang dari berbagai latar belakang para perantau Toraja itu.

Diantara diasfora yang sudah menyatakan kesiapan, mantan Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang, anggota DPRD Paser Kaltim, Zet Salurapi , dan pejabat PNS Papua, Edy Rantetasak.

Mereka sudah mulai melakukan sosialisasi termasuk dengan memasang baliho sekalipun tahapan belum dimulai. Mereka juga sudah menggarap tokoh dan orang – orang yang bakal tim suksesnya.

Kalatiku Paembonan menanggapi dingin soal itu. Ia tak mau berkomentar banyak soal pilkada yang mulai helat bulan September 2019 ini.

“Saya konsentrasi saja dulu urus program dan kegiatan hingga periode,,akan ada waktunya kita bicara politik, ” ujar Kalatiku Paembonan

Pengamat politik Toraja DR Kristian HP Lambe, mengatakan semangat diasfora untuk ikut pilkada karena beberapa hal diantaranya adalah alasan kegelisahan dan persoalan identitas.

Menurutnya lagi, yang mau pasti banyak tetapi akan terseleksi dengan sendirinya. Satu persatu nantinya akan mengurung niatnya .

” Gelisah karena mau Toraja itu maju, identitas karena memang jabatan bupati itu jadi pelengkap seluruh prestisenya, tidak apa – apa tapi yang paling penting buat rakyat adalah kenali visi dan misinya, jadi bupati itu tidak gampang, yang mudah adalah jadi calon bupati, ” jelas Kristian, doktor politik dari UNM Makasar , Rabu (12/6)