Restorasi Danau Tempe

Oleh: Andi Iqbal Burhanuddin (Guru Besar Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas)

Danau merupakan ekosistem perairan yang keberadaannya penting dalam pemenuhan kebutuhan kehidupan manusia.

Selain dimanfaatkan sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari, danau juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi air, sumber air baku industri, energi, irigasi, pariwisata, serta sumber protein dari usaha perikanan. Ekosistem danau sangat erat kaitannya dengan ekosistem alam di sekitarnya karena daerah di sekitar danau merupakan daerah tangkapan air yang berfungsi sebagai pengumpul air dan sumber air danau. Ironisnya, keberadaan sejumlah danau di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 740 sudah sangat mengkhawatirkan. Termasuk Danau Tempe yang terletak di bagian Barat Kabupaten Wajo, tepatnya di Kecamatan Tempe, sekitar 7 km dari Kota Sengkang.

Aktivitas antropogenik berupa pengelolaan lingkungan yang dilakukan dengan tidak berdasarkan pada prinsip kelestarian menyebabkan degredasi dan perubahan-perubahan yang berdampak terhadap kualitas lingkungan dan tidak jarang menjadi bencana banjir. Selama ini penyelamatan ekosistem danau belum efektif karena sifatnya parsial, sporadis, dan sektoral oleh pemerintah pusat dan daerah, komunitas, serta pelaku usaha.

Oleh karena itu, sangatlah mendesak pemerintah melakukan upaya terobosan agar dapat mengatasi permasalahan lingkungan di kawasan ekosistem danau. Itu dengan pengelolaan danau secara terpadu yang berbasis pada pendekatan holistik dari aspek ekonomi, sosial, budaya, tata ruang, dan lingkungan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : asrie


Comment

Loading...