4 Kiat Aman Menikmati Makanan Manis Usai Lebaran

Kamis, 13 Juni 2019 13:55

FAJAR.CO.ID–Karena dibayangi oleh ‘efek samping’ makanan manis, tak sedikit orang yang enggan menikmati sajian Lebaran. Kekhawatiran yang paling sering muncul adalah penambahan berat badan dan kenaikan kadar gula darah.Tenang saja! Beberapa makanan manis cukup aman dikonsumsi tanpa harus tanpa harus membuat Anda mengkhawatirkan serangan gangguan kesehatan.Berikut beberapa jenis makanan dan minuman manis yang bisa Anda konsumsi selama Lebaran:

1. Cokelat

Cokelat hitam atau dark chocolate adalah cokelat yang mengandung lebih dari 70 persen kakao. Karena itu, cokelat jenis ini lebih aman dikonsumsi karena kandungan gula dan lemak yang lebih sedikit.Selain itu, dark chocolate juga mengandung polifenol yang lebih tinggi dari cokelat biasa. Polifenol merupakan senyawa yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki rasa yang manis dan kaya akan serat, vitamin, serta mineral. Ubi jalar dikenal sebagai salah satu makanan yang baik untuk pencernaan.Anda dapat mengganti nasi dengan ubi jalar sebagai asupan karbohidrat. Umbi bernama Latin Ipomoea batatas itu memiliki kandungan serat tinggi sehingga lebih mengenyangkan.Ubi jalar juga memiliki karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menghasilkan energi. Anda dapat mengolah ubi jalar dengan cara dipanggang atau dikukus. Tambahkan taburan kayu manis, madu, atau pemanis alami buatan lainnya agar lebih sedap.

3. Minuman manis rendah kalori

Jenis minuman manis seperti es sirop, minuman berkarbonasi (soda), es buah, dan sejenisnya merupakan makanan yang paling sering ditemui saat Lebaran. Selain karena warnanya yang menarik, rasa manisnya juga dianggap sebagai pelepas dahaga di siang hari yang terik saat Idulfitri.

Komentar